Teknologi Pembuatan Tepung Pisang

TEKNOLOGI PEMBUATAN TEPUNG PISANG

Balitbu Tropika 2013, buah pisang adalah salah satu buah yang mengandung gizi cukup tinggi dengan nilai kalori 120 kalori dan dilengkapi dengan berbagai macam vitamin dan mineral, selain itu juga mempunyai kandungan zat pati yang cukup tinggi 30mg/100gram sehingga cocok untuk dibuat menjadi tepung. Tepung pisang sangat baik untuk pencernaan sehingga cocok sebagai menu makanan untuk bayi, selain itu sebagai produk setengah jadi (produk antara)dapat dijadikan berbagai macam olahan kue dan makanan sebagai pengganti atau subsitusi penggunaan tepung terigu yang selama ini produknya masih impor.

Cara Pembuatan Tepung Pisang Adalah Sebagai Berikut:

  1. Pisang yang sudah tua, mentah (hampir semua varietas bisa untuk dijadikan tepung).
  2. Pisang disisir, kemudian diblasing (kukus) selama ± 10 menit, untuk memudahkan pengupasan dan mengurangi pencoklatan .
  3. Kemudian buah pisang dikupas bersih.
  4. Daging buah dirajang atau di sawut
  5. Dilakukan pengeringan , bisa dengan dijemur atau dioven dengan suhu ± 60°C selama ± 20 jam jika sudah kering ditandai dengan mudah dipatahkan.
  6. Sawutan yang sudah kering digiling atau ditumbuk kemudian diayak, setelah jadi tepung kemudian disimpan dengan menggunakan wadah yang cukup baik seperti kantong plastik yang diikat rapat, botol dll.

Salah satu cake hasil tepung pisang

ivan@2013