JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
How to gamble with Cryptocurrency History of Roulette How to play Poker How to Win At Blackjack How to Play Roulette Casino hashdice bitcoin slot games

Balitbu Tropika Giatkan Pengembangan Pisang Barangan Merah Untuk Membangunan Pohon Induk

Di Indonesia sendiri, ada beberapa varietas Barangan, pada tahun 1997 varietas Barangan Merah yang tersebar di Sumatera Utara, khususnya Kab. Deli Serdang, diusulkan jadi varietas unggul baru di Indonesia.

Pada tanggal 24 Juni 2021, telah dilakukan koordinasi dan konfirmasi mengenai keberadaan benih sumber ( Blok Fondasi) Varietas pisang Barangan Merah, pada  Balai Sertifikasi Tanaman Pangan dan Hortikultura dengan pimpinan dan Kabid Sertifikasi Benih Tanaman. Hasil dari koordinasi pohon induk Varietas Barangan Merah yang terletak di Kab. Deli Serdang, Kec. Biru-Biru, keberadaan benih sumber varietas Barangan Merah yang teregister sudah tidak ada. Untuk itu perlu dilakukan lagi mengindentifikasi ulang varietas Barangan Merah yang sebelumnya telah dirilis dan di registrasi sesuai dengan SK Mentan 1997. Untuk itu dilakukan pengecekan ulang dengan mengacu pada produksi buah (daging buah merah) kemudian diambil buah dan anakan serta dilabel, semua  materi varietas tanaman pisang Barangan Merah, yang telah diambil (buah dan anakan) dibawa ke Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dan dievaluasi untuk kebenaran warna daging buah dan anakan ditanam untuk duplikat rumpun induk pisang varietas Barangan Merah. Kegiatan peninjauan  lapang didampingi oleh Kasi Perbenihan dan PBT dari BPSB TPH Sumut dan kelompok tani dari masing-masing lokasi.

uploadbrg1

Edison Hs selaku peneliti Madya Balitbu Tropika  yang  juga  menangani komoditi pisang di Balitbangtan, dalam rangka melakukan tugas sebagai Penjab kegiatan observasi VUB dan pembuatan Blok Fondasi varietas pisang, salah satunya varietas Barangan Merah yang perlu dilakukan pengambilan benih sumber dari Sumatera Utara, untuk itu dilakukan kunjungan langsung ke petani-petani pisang Barangan Merah di daerah Sumatera Utara diantara lain Desa Sarilaba Jahe, Kec. Biru-biru, Kab Deli Serdang Medan, Desa Bulian, Kec. Majenis, Tebing Tinggi Sumatera Utara dan sekitarnnya kelompok tani Mekar Tani, termasuk mengunjungi pembibitan Hortikultura (buah) N. Akelaras di Tanjung Morowa Medan. Di tiap-tiap Desa dilakukan  pengindentifikasian buah pisang Barangan Merah lalu  buah dan anakan diambil sekaligus dilabeli.

uploadbrg2

uploadbrg3

uploadbrg4

Kegiatan utama untuk membangun Kebun Induk varietas Barangan Merah, maka dilakukan pengambilan anakan dan buahnya untuk kejelasan varietas barangan. Dengan warna daging buah merah, buah diambil , peram agar diketahui buah tersebut berdaging merah. Dan anakan yang diambil langsung dijadikan sebagai sumber benih untuk Blok Fondasi Varietas Barangan Merah.  

Tidak lupa pula melakukan kunjungan dan pendampingan ke PT Hijau Surya Biotechindo, yang memproduksi bibit pisang komersial untuk masyarakat di Kabupaten Asahan dan Sumut. PT Hijau Surya Biotechindo berkomitmen untuk meningkatkan produksi pisang nasional dan daya saing petani pisang melalui teknologi benih kultur jaringan agar bisa berdiri sejajar dengan negara penghasil pisang  terbesar di dunia seperti India, China, Filipina, Brasil, Ekuador dan lain sebagainya.

uploadbrg5

Melalui kegiatan ini nantinnya akan diperoleh varietas Pisang Barangan Merah yang dapat dipakai sebagai benih sumber untuk membangun Blok Fondasi pada instansi (BBI-BBH) di Indonesia. Terbentuknya Blok Fondasi akan memudahkan pihak produsen benih atau penangkar untuk memproduksi benih.

Pin It

Comments powered by CComment