JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
How to gamble with Cryptocurrency History of Roulette How to play Poker How to Win At Blackjack How to Play Roulette Casino hashdice bitcoin slot games

Rabu, 7Juli 2021 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara resmi menyerahkan 20.000 benih pisang Barangan dari Balitbangtan Kementan untuk masyarakat Kabupaten Jeneponto. Benih diterima oleh Dinas Pertanian Kab. Jeneponto yang selanjutkan diserahkan kepada 98 kelompok tani sebagai CPCL.

Penyerahan benih ini termasuk rangkaian kegiatan kunjungan kerja Mentan di Sulawesi Selatan. Distribusi benih pisang di Kab. Jeneponto ini adalah bagian dari kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) yang ditangunggajawabi oleh Balitbu Tropika Balitbangtan, bekokaborasi dengan BBSDLP, BB Tanah dan Aroklimat, Pemda setempat dan UK Balitbangtan (BPTP) Provinsi Sulsel.

jnpnto1

Tujuan kegiatan RPIK yaitu untuk memenuhi kebutuhan pasar dan industri, berorientasi komersial, kompetitif dan kolaboratif, multi disiplin dan multi mitra. Tujuan RPIK Pisang di Sulsel ini sendiri yaitu untuk membentuk dua buah demfarm pisang di Sulsel dan untuk mengembangkan wilayah pertanaman pisang di Sulsel mendukung pemenuhan kebutuhan domestik dan ekspor.

Selain distribusi benih yang betujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat (PEM), kegiatan RPIK juga membangun demfarm budidaya pisang dengan teknologi inovasi Balitbangtan di kedua lokasi kegiatan RPIK. Balitbangtan juga memberikan Bimbingan Teknis (BIMTEK) budidaya dan pasca panen pisang. Bimtek disampaikan oleh peneliti BPTP Sulsel Ir. Nurjanani, M.Si dan Ir. Muhammad Asaad, M.Sc dengan jumlah peserta 100 orang.

jnpnto2

Dalam sambutannya Mentan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya memperkuat swasembada dan ekspor buah tropika serta terus menerus. Mentan mengajak semua lapisan masyarakat untuk mendukung kegiatan pengembangan komoditas pisang di Sulsel ini khususnya di Kab. Jeneponto.

Write comment (0 Comments)