JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Optimalisasi Kebun Percobaan, Kapuslitbang Hortikultura Kunjungi KP Subang

Menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian RI terkait upaya membangun dan mengoptimalkan lahan pertanian dan Kebun Percobaan (KP) sehingga mampu menjadi contoh dalam membangun pertanian 4.0 yang disampaikan kepada 540 Pejabat Eselon I, II, III dan IV dari 160 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian tanggal 27 Mei 2019 di Jakarta, Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Hardiyanto didampingi Kepala Balitbu Tropika, Kabag Tata Usaha, Plh. Kabid KSPHP, Plh. Kabid PE, Kasubag Program, dan Kasie Yantek Balitbu melakukan Kunjungan Kerja tanggal 29-30 Mei 2019 ke KP. Subang - Balitbu Tropika, di Subang- Jawa Barat.
Pada Kunjungan Kerjanya Kepala Puslitbang Hortikultura menyampaikan agar seluruh pegawai di lingkungan Puslitbang Hortikultura mampu menjadi agen perubahan, mampu menjadi agen pembaharu dan mampu menjadi teladan di tempat kerjanya. Hardiyanto berharap bahwa seluruh UPT  dan KP lingkup Puslitbang Hortikultura mampu menampilkan inovasi teknologi terbaiknya, inovasi teknologi yang beda dengan yang dilakukan masyarakat sekitarnya sehingga UPT/KP kita banyak dikunjunga stakeholders dan mampu memberi nilai tambah kepada masyarakat, bukan sebaliknya. Oleh karena itu, Hardiyanto meminta kepada Kepala Balitbu Tropika dan Kepala KP. Subang untuk segera membangun role model pengembangan kebun dengan mengoptimalkan lahan tidur. Hardiyanto berharap kedepannya setiap UPT/KP mampu membangun satu paket bercocok tanam yang berstandar pertanian 4.0 sehingga bisa menjadi contoh bagi pembangunan pertanian di daerah masing-masing.
Hal lain yang mendapat perhatian Kepala Puslitbang Hortikultura adalah kebersihan dan kerapihan kantor termasuk penataan tanaman, kebersihan kebun, pengelompokan benih, informasi keberadaan dan fungsi benih dan lain-lain. Kepala Pusat menambahkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan kinerja UPT/KP lingkup Puslitbang Hortikultura  mengingat UPT/KP memiliki peran strategis dan dituntut mensukseskan program pembangunan pertanian terutama program strategis percepatan swasembada pangan.
Laporan lengkap hasil Kunjungan Kerja Kepala Puslitbang Hortikultura ke KP. Subang akan disampaikan secara terpisah Kepada Kepala Balitbu Tropika untuk ditindaklanjuti. (Uq)

 

Sumber : Puslitbang Hortikultura
Foto dan naskah : Sanuki P

Subkategori