JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jum’at tanggal 17 Desember 2021 dilaksanakan kegiatan monev kegiatan penelitian kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian) dengan Australian Center for International Agricultural Research (ACIAR) terkait penerapan teknologi pengendalian hama lalat buah skala luas pada tanaman mangga. Kegiatan monev dilaksanakan oleh tim monev dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) yang terdiri dari Drs. M. Jawal Anwaruddin Syah, MS, Puspitasari, SP, MSi dan Rikza, SP, MSi. Kegiatan monev ini dihadiri oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) Dr. Raden Heru Praptana, SP, Tim Peneliti dari Balitbu Tropika Dr Affandi, SP, MSc, Hendri, STP, MSc dan Deni Emilda, SSi, MSc, staf keuangan Iswanto serta tim dari Direktorat Perlindungan Tanaman Hortikultura Nelly Sapta Yanti, SP, MSi dan Hendry Puguh Susetyo, SP, MSi.

mnv1 mnv2

Kegiatan diawali dengan diskusi terkait perkembangan kegiatan penelitian sampai saat ini yang dilaksanakan di Metland Hotel, Cirebon. Kepala Balitbu Tropika, Dr Raden Heru Praptana, SP menyampaikan bahwa monev sangat diperlukan untuk melihat sejauh mana kegiatan terlaksana dan perbaikan yang bisa kita lakukan.

Ketua tim monev Puslitbanghorti, Dr. M. Jawal AS, MS menanyakan tentang kemungkinan teknologi ini diterapkan oleh petani saat kegiatan penelitian kerjasama ini nantinya berakhir terkait keberlanjutan penerapan teknologi. Peneliti dari Balitbu Tropika, Affandi, SP, MSc, PhD menyatakan keyakinannya bahwa teknologi ini akan diterapkan oleh petani di Indramayu karena kita sudah menyiapkan satu kelompok tani sebagai petani percontohan yang dapat dijadikan role model bagi kelompok tani lainnya.

Diskusi lebih lanjut diarahkan pada peningkatan kualitas buah. Saat ini kita sudah melakukan pendataan kualitas buah mangga Gedong Gincu yang ada di Cirebon dan Indramayu. Teknologi pascapanen yang akan diterapkan akan disesuaikan dengan teknologi yang diterapkan oleh Badan Karantina dan hasil penelitian yang sedang dikerjakan oleh tim peneliti dari Filipina yang juga tergabung dalam kegiatan Kerjasama dengan ACIAR. Tim monev juga menanyakan target publikasi yang dihasilkan dari kegiatan penelitian kerjasama ini.

 mnv3 mnv4

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke lokasi penelitian di Kec. Sedong, Cirebon dan Desa Krasak, Kec. Jati Barang, Indramayu. Kunjungan lapang diawali dengan diskusi dengan pemilik Cafe Kopi Gincu yang berlokasi di tengah kebun mangga tempat pelaksanaan kegiatan penelitian pengendalian skala luas lalat buah pada tanaman mangga. Peningkatan kualitas buah mangga petani memerlukan tambahan input, oleh karena itu perlu dicarikan alternatif pemasaran produk agar dapat meningkatkan pendapatan petani. Salah satunya dengan didirikannya Cafe Kopi Gincu di lokasi kebun mangga untuk memasarkan secara langsung hasil panen mangga dengan kualitas baik maupun olahan mangga dari produk yang berkualitas BS dari kebun sekitarnya. Buah mangga dengan kualitas BS diolah oleh kelompok tani Sukamulya menjadi produk es krim, kopi dan dodol sehingga mampu meningkatkan nilai jual produk. Kunjungan lapang dilanjutkan ke lokasi kontrol di Desa Putat, Kec. Sedong. Monev lapang berakhir dengan mengunjungi lokasi penelitian di Desa Krasak, Kec. Jati Barang, Kab. Indramayu. Di sini tim monev Puslitbanghorti berkesempatan mengunjungi Processing House yang sedang dibangun untuk memproses buah hasil panen petani sampai pengemasan dan siap dipasarkan. Petani mangga di wilayah sekitar kegiatan penelitian ini diharapkan bersedia untuk menerapkan teknologi pengendalian lalat buah untuk menghindari kehilangan hasil akibat serangan lalat buah.

Pin It

Comments powered by CComment