JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
How to gamble with Cryptocurrency History of Roulette How to play Poker How to Win At Blackjack How to Play Roulette Casino hashdice bitcoin slot games

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Topika) memfasilitasi Bimbingan Teknis Kultur Jaringan dan Budidaya Tanaman Buah Tropika untuk para Tenaga Teknis Pertanian dan Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis. Pelaksanaan Bimtek ini merupakan wujud dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Penelitian dan Pengembangan kab. Bengkalis Prov. Riau dengan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Bimtek yang dilaksanakan di Auditorium Dr. Ir. M. Winarno, M.Sc Balitbu Tropika berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 23 – 26 November 2021.

nanik1

Gambar 1. Vella Afruliantika, A.Md.T dalam memandu kegiatan

Hari ini, Selasa, 23 November 2021, merupakan hari pertama sekaligus pembukaan acara bimtek. Kegiatan yang dipandu oleh Vella Afruliantika, A.Md.T secara resmi dibuka oleh Kepala Balitbu Tropika, Dr. Raden Heru Praptana, S.P. Ka Balai dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban Balitbu Tropika sebagai satu-satunya Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang ada di Indonesia dibawah Kementerian Pertanian untuk melayani masyarakat. Balitbu Tropika memiliki tugas menciptakan, memperbaiki, dan mengembangkan inovasi teknologi khususnya buah tropika sekaligus menghilirkan inovasi teknologi inovatif untuk dapat dimanfaatkan masyarakat luas dan sebagai pengungkit peningkatan ekonomi. Kepala Balai sangat mengapresiasi Kabupaten Bengkalis yang ingin mengembangkan tanaman hortikultura dengan teknik kultur jaringan ini. Semoga kerjasama ini dapat mengembangkan pertanian hortikultura di kab. Bengkalis Prov. Riau.

nanik2

Gambar 2. Kepala Balitbu Tropika, Dr. Raden Heru Praptana, S.P. ketika menyampaikan sambutan dan secara resmi membuka kegiatan acara

Juminanin Hartatik, S.E., Kabid Ekonomi Pembangunan Balitbangda Kab. Bengkalis yang mewakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis, berharap para peserta dapat dengan optimal mempelajari, memahami, dan mempraktekkan langsung yang berkaitan erat dengan budidaya tanaman buah tropika dan kultur jaringan. Hal ini dikarenakan tujuan dari kegiatan ini untuk menghasilkan sumberdaya manusia khususnya Tenaga Teknis Pertanian dan Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis yang unggul melalui Bimbingan Teknis Kultur Jaringan dan Budidaya Tanaman Buah Tropika sehingga dapat melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada petani, kelompok tani, dan kelompok pemanfaatan lainnya agar dapat berdaya guna dan berhasil guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

nanik3

Gambar 3. Juminanin Hartatik, S.E., Kabid Ekonomi Pembangunan Balitbangda Kab. Bengkalis

Peserta bimtek yang berjumlah 12 orang ini selanjutnya akan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok budidaya tanaman buah tropika dan kelompok kultur jaringan. Para peserta bimtek selanjutnya selama 4 hari kedepan akan diberikan ilmu pengetahuan secara teori maupun praktek langsung oleh para narasumber-narasumber hebat dari Balitbu Tropika diantaranya Yosi Zendra Joni, Ph.D, peneliti Balitbu Tropika, Sukarmin, S.P., Amrizal, A.Md, dan Zhikry Fadlillah Miswar yang merupakan teknisi litkayasa Balitbu Tropika. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

nanik4

Gambar 4. Sukarmin S.P., memberikan materi kepada peserta bimtek

nanik5

Gambar 5. Dokumentasi kegiatan

nanik6

Gambar 6. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

nanik7

Gambar 7. Pembacaan Doa oleh Yosi Zendra Joni, Ph.D

Pin It

Comments powered by CComment