Parent Category: Berita Hits: 122

Permintaan benih pepaya Merah Delima terus meningkat , hal ini mendorong Balitbu Tropika untuk berupaya melibatkan petani dalam memproduksi benih sendiri. Berbagai langkah telah ditempuh antara lain melalui bimbingan teknis produksi benih pepaya Merah Delima baik secara on line atau off line, menumbuhkan dan membina petani penangkar dan bekerjasama dengan produsen benih hortikultura.


Untuk membantu penyediaan benih pepaya Merah Delima di Sumatera Barat, sejak tahun 2019 Balitbu Tropika bekerjasama dengan Diperta Kota Payakumbuh telah membina Afrizal yaitu petani pepaya yang berlokasi di Kelurahan Padang Karambia, Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh.
Salah satu anggota Kelompok Tani Bersatu ini telah menanam pepaya sejak 10 tahun yang lalu, namun baru mengenal dan membudidayakan pepaya Merah Delima sejak tahun 2019. Kualitas buah pepaya Merah Delima sangat bagus dan disukai oleh konsumen sehingga selain menjual buahnya, Afrizal juga menjual benih pepaya.

pyk1

pyk3

Melalui binaan dan dukungan dari Balitbu Tropika bekerjasama dengan BPSP Sumatera Barat, pada awal tahun 2020 telah teregister 180 pohon induk pepaya Merah Delima yang dapat digunakan untuk memproduksi benih sebar.
Selama ini Afrizal hanya melayani permintaan benih pepaya berbentuk seedling siap tanam dengan harga antara Rp. 2000 sampai Rp.3000,-Karena keterbatasan sarana dan prasarana Afrizal belum dapat memasarkan benih pepaya yang berbentuk biji. Namun mulai akhir tahun 2021 akan mulai memproduksi benih pepaya agar dapat memenuhi permintaan dari luar daerah.

pyk4 pyk2

Masyarakat yang berminat untuk menanam pepaya Merah Delima dapat membeli benihnya dengan menghubungi Alfian.
Semoga kehadiran penangkar benih pepaya Merah Delima di Kota Payakumbuh dapat memperluas pengembangan pepaya dan berkontrubusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Naskah & Foto: Tri Budiyanti & Noflindawati