JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
How to gamble with Cryptocurrency History of Roulette How to play Poker How to Win At Blackjack How to Play Roulette Casino hashdice bitcoin slot games

"Sejak masyarakat bertani buah naga geliat ekonomi sangat terasa dan perputaran uang bisa mencapai milyaran rupiah setiap bulannya", begitu ucapan Adrian Dt. Rajo Batuah Wali Nagari Kacang saat membuka percakapan dengan Plt Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah dan peneliti buah naga Jumjunidang, M.Si. Bincang-bincang ini berlangsung di kebun buah naga Kelompok Tani Semangat Baru di Tangah Padang, Nagari Kacang, Kec X Koto Singkarak Kab. Solok, saat Balitbu Tropika menjambangi pada Jumat 10 September 2021.

kacang4

Kehadiran tim Balitbu Tropika di daerah ini adalah dalam rangka kunjungan lapangan atas permintaan masyarakat yang membutuhkan pendampingan teknologi dalam budidaya tanaman buah naga. Pendampingan langsung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena mereka menyadari bahwa dalam budidaya buah naga cukup banyak kendala terutama masalah hama dan penyakit. Penyakit kanker batang yang disebabkan cendawan Neocytalidium dimidiatum memang telah menjadi momok menakutkan bagi petani buah naga, karena telah menghancurkan ribuan hektar pertanaman buan naga di Indonesia termasuk di daerah sekitar Nagari Kacang.

kacang1 kacang2

Buah naga sebagai sumber ekonomi baru di Nagari Kacang dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini luasnya telah mencapai sekitar 80 ha. Jenis yang dibudidayakan adalah buah naga daging merah dan hampir 90% merupakan klon yang dilepas oleh Balitbu Tropika yaitu varietas Hilosia. Perluasan tanam terus bertambah, lahan-lahan tidur dan bukit kosong saat ini telah berisi tanaman buah naga.

Berdasarkan diskusi dengan masyarakat tani yang juga dihadiri oleh PPL setempat dan Kepala BPP Kec. X Koto Singkarak Ir. Yuslimar ini telah disepakati beberapa hal. Balitbu Tropika siap untuk melakukan pendampingan teknologi berupa "Bimtek on the spot". dimana Bimtek akan dilakukan langsung di lahan petani.

 

kacang3

Dukungan berbagai pihak sangat diharapkan agar program ini dapat terlaksana dan "Kampung Buah Naga" di Nagari Kacang ini semakin berkembang dan berumur panjang dalam menopang perekonomian masyarakat.

Foto & Naskah
Jumjunidang

 

Pin It

Comments powered by CComment