JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
How to gamble with Cryptocurrency History of Roulette How to play Poker How to Win At Blackjack How to Play Roulette Casino hashdice bitcoin slot games

Deretan rumpun pisang yang tertata, bersih dan terpelihara dengan baik menyambut kedatangan kami pagi itu, Jumat, 27 Agustus 2021. Rumpun-rumpun pisang tumbuh subur dengan anakan yang segar, beberapa batang terlihat menahan tandan buah yang begitu besar. Itulah kebun pisang Kepok Tanjung milik H. Iraddatillah, S.Pt, Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung yang terletak di Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari.

mobo4

Kehadiran tim Balitbu Tropika di Sijunjung adalah dalam rangka "Koordinasi persiapan diterminasi pohon induk pisang Kepok Tanjung sekaligus monitoring bantuan benih pisang dari Balitbu Tropika untuk petani di Kab. Sijunjung" yang diserahkan bulan April 2021 yang lalu. Selain tim Balitbu Tropika dan Wabup Kab. Sijunjung, pertemuan ini juga dihadiri oleh pak Anjung (petani pisang binaan Balitbu), Sekretaris Dinas Pertanian dan jajaran, PPL, Wali Nagari, tokoh masyarakat dan petani di sekitar kebun.

Pada pertemuan ini Iraddatillah menyampaikan awal mula ketertarikan sekaligus rasa optimisnya dalam bertani pisang Kepok Tanjung setelah melihat kebun Pisang Kepok Tanjung milik pak Anjung di Selayo Kab. Solok. Kebun milik Anjung  ini merupakan demplot pisang Kepok Tanjung yang diinisiasi dan dibina oleh Balitbu Tropika sejak tahun 2017. Menurut beliau, bertanam pisang Kepok Tanjung tidaklah terlalu sulit, masa menunggu panen tidak terlalu lama, produksi bagus dan pasarpun masih sangat terbuka.

mobo2 

Rasa optimis inilah yang mendorong beliau mengajak petani secara serius kembali untuk memulai bertanam pisang setelah lama ditinggalkan tersebab trauma dengan serangan penyakit layu pada beberapa tahun belakangan. Apalagi menurut wabup, di masa pandemi covid 19, sektor pertanianlah yang menopang perekonomian masyarakat.

mobo1

Balitbu Tropika menyambut baik minat masyarakat yang didukung penuh oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan pisang Kepok Tanjung unggulan Balitbantan ini di Kabupaten Sijunjung secara luas. Guna mewujudkan program ini Balitbu Tropika menginisiasi terbentuknya penangkar resmi pisang Kepok Tanjung di daerah ini. Tujuannya adalah mempercepat penyiapan benih bermutu untuk wilayah ini, sehingga target pengembangan pisang Kepok Tanjung menunjang perekonomian masyarakat bisa terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

mobo3

Gayung bersambut, Wabup Sijunjung sangat setuju dengan pembentukan penangkar Kepok Tanjung di wilayah kerjanya. Wabup siap menjadikan kebunnya sebagai percontohan budidaya dan 300 tanaman Kepok Tanjung nya sebagai pohon induk. Beliau menginformasikan bahwa  dari kebun tersebut sudah dihasilkan sekitar 400 benih anakan pisang  dan telah ditanam di tiga kebun di wilayah Sijunjung. Balitbu Tropika siap berkontribusi dalam pengembangan tanaman buah di wilayah ini, dan dalam waktu dekat akan mendampingi tim BPSB untuk registrasi pohon induk.  Memfasilitasi sinergi Balitbangtan dengan Kab. Sijunjung segera disusun naskah Perjanjian Kerja Sama. Semoga kerjasama ini mampu mempercepat penyebaran pisang Kepok Tanjung di Indonesia khususnya di Sumatera Barat sebagai komoditi penunjang ekonomi.

 

Pin It

Comments powered by CComment