JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Salah satu tugas Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika adalah ikut membantu pemerintah dalam mengembangkan tanaman buah. Untuk mengimplementasikan kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Solok menggandeng Balitbu Tropika yang dikukuhkan dengan penandatanganan kerjasama tentang Sinergitas Pengembangan Perbenihan Tanaman Buah Tropika pada Senin, 17 Mei 2021 di Gedung Solok Nan Indah Kantor Bupati Kabupaten Solok.
 
Kerjasama ini bertujuan untuk memperbanyak dan menyebarkan benih buah-buahan tropika di Kabupaten Solok, serta menjamin ketersediaan benih buah-buahan tropika dan kelancaran pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat Kabupaten Solok.
mou36 mou35
 
Perjanjian Kerjasama ditanda tangani oleh Plt. Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP dengan Bupati Kabupaten Solok  H. Epyardi Asda, M.Mar dengan tujuan menjadikan Kabupaten solok sebagai daerah yang unggul  khususnya disektor pertanian. Dalam sambutannya, Ellina Mansyah mengatakan, “Dimasa pandemi covid-19 ini, disaat sektor-sektor lain mengalami kemunduran, sektor pertanian lah yang mengalami kemajuan. Kab.Solok merupakan salah satu daerah penghasil buah yang potensial. Hal ini disebabkan kondisi tanah dan iklim yang kondusif. Sehingga, berbagai jenis buah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik”.
mou3 mou2
Lebih lanjut dikatakannya, “Kab Solok masih memiliki lahan yang luas untuk pengembangan tanaman buah. Pengembangan Agro Industri berbasis kemitraan petani harus dikelola secara profesional dan berkelanjutan. Kemajuan pertanian disuatu daerah sangat ditentukan oleh komitmen pemerintah daerahnya. Kita mengapresiasi komitmen dan terobosan Bupati Kab.Solok yang baru yang sangat bersemangat dalam mengembangkan tanaman buah".
 
Epyardi Asda juga mengajak semua pihak dan juga para investor yang ingin bekerjasama dan ikut andil dalam membangun Kabupaten Solok, karena dalam rangka mewujudkan visi dan misinya, Pemkab Solok membutuhkan banyak pihak yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas dibidangnya.
"Program pengembangan tanaman buah ini pun harus  memiliki perencanaan yang baik agar dapat berjalan sesuai rencana dan dapat dimulai dari pengembangan benih. Harapannya program kerjasama ini tidak hanya mampu menyediakan benih tanaman buah untuk  Kabupaten Solok, namun dalam jangka panjang juga dapat  juga memasok kebutuhan benih bagi daerah lain", ujar Ellina Mansyah. 
 
Dalam akhir sambutannya, Bupati Kabupaten Solok mengutarakan harapannya, “Harapannya kegiatan ini merupakan awal dari Kebangkitan Kabupaten Solok”. Sesuai dengan slogannya “Membangkik Batang Tarandam”.
 
mou34
 
Bersamaan dengan kegiatan ini, dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kab.Solok dengan BPTP Sumatera Barat tentang Sinergitas Pengembangan dan Peningkatan Mutu Benih Padi Sawah Bersertifikat Indikasi Geografis (IG) di Kabupaten Solok yang diwakilkan oleh Kepala BPTP Sumbar, Dr. Wahyu Wibawa.
 
Pin It

Comments powered by CComment