JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PENGENDALIAN GETAH KUNING DAN BURIK PADA BUAH MANGGIS

Buah manggis merupakan komoditas penting bagi Indonesia baik sebagai buah untuk pasar nasional maupun internasional. Manggis diharapkan sebagai komoditas ekspor utama buah bagi Indonesia karena tanaman ini tumbuh menyebar secara luas di seluruh  wilayah  Indonesia. Buah umumnya  dikonsumsi  secara langsung atau jus. Jus manggis kaya akan super anti-oksidan yang disebut xanthon.   Xanthon ini telah diketahui mampu membunuh atau menghambat penyebaran virus, jamur, bakteri dan radikal bebas yang berasosiasi dengan penyakit kanker. Xanthone juga menghambat oksidasi dari low density lipoprotein (LDL) yang merupakan salah satu penyebab atherosclerosis dan serangan jantung. Selain itu jus manggis juga telah diketahui membantu dalam proses penyembuhan beberapa penyakit seperti diabetes, penuaan dini dan arthritis.

Selama periode lima tahun terakhir, jumlah buah manggis yang memenuhi standar mutu ekspor rata-rata hanya  sebesar 9,66 % dari kemampuan produksi manggis Indonesia. Salah satu kendala utama ekspor buah manggis tersebut adalah tingginya persentase buah bergetah kuning dan burik.  Kerugian akibat serangan getah kuning dan burik diperkirankan mencapai Rp. 301,4 milyar per tahun.

Metode pengendalian getah kuning dan hama penyebab burik pada tanaman manggis masih sangat terbatas.  Sehingga buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi petani, pelaku agribisnis dan masyarat penggemar buah manggis.

Pin It