JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bincang Buah Tropika : Strategi Agribisnis Buah Tropika melalui Pendekatan Inovasi Teknologi Budidaya dan Pemasaran

Hari ini Rabu (09 September 2020), Bincang Buah Tropika (BBT) Online dengan tema ‘Strategi Agribisnis Buah Tropika melalui Pendekatan Inovasi Teknologi Budidaya dan Pemasaran’ diadakan oleh Balitbu Tropika dengan mengundang narasumber yakni Dr. Ir. Ellina Mansyah, M.P., Bapak Martin Minar Widjaja, dan Bapak  Dede Herdiansyah yang diikuti oleh sekitar 500 orang dari seluruh Indonesia via Zoom dan Youtube. Acara berlangsung dengan hangat dan diskusi yang menarik dari paparan para narasumber dan partisipasi aktif peserta.
Acara dibuka oleh Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si selaku Kepala Puslitbanghorti, beliau menyampaikan dalam keadaan pandemi saat ini kita harus tetap produktif dan menjaga kesehatan dengan selalu mengkonsumsi buah-buahan. Selaku lembaga penelitian, peran inovasi teknologi hortikultura menjadi satu yang memiliki peran penting meningkatkan produksi dan daya saing komoditas lokal. Komunikasi dan kolaborasi antara lembaga penelitian, stakeholder, dan petani menjadi bagian penting dalam menyampaikan dan menyalurkan inovasi yang dihasilkan sehingga dapat digunakan dalam strategi agribisnis untuk mendukung pasar buah tropika.
Kepala Balitbu Tropika sebagai salah satu narasumber menyampaikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh balitbu tropika dari mulai perbenihan, budidaya, pengendalian HPT, hingga pascapanen dari varietas buah tropika diantaranya Manggis, Mangga, Durian, Pisang, Salak, Pepaya, Alpukat.
Martin Minar Widjaja (Direktur CV Java Fresh Indonesia) menyampaikan peluang pasar buah di Indonesia sangat besar untuk para semua orang yang tetarik  menjadi pelaku pasar hortikultura yakni hingga mencapai 6.600.000 ton atau 150 T. Penting untuk membangun komunitas dan saling membantu dalam pemenuhan pasar hortikultura bukan bersaing karena pasarnya masih sangat besar untuk semua orang.
Dede Herdiansyah (Head of Commercial Tanihub gruop) menyampaikan dalam peningkatan peran milenial dalam membantu pertanian Indonesia khususnya para petani saat sekarang ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Tanihub dan Tanifund membantu proses dari hulu hingga hilir dari petani hingga sampai ke konsumen dengan nilai pendapatan yang lebih baik bagi para petani dan pelayanan dan kualitas terbaik untuk konsumen untuk semua produk hasil pertanian yang dihasilkan petani. Tanihub telah bekerjasama dengan lebih dari 35.000 petani dan berhasil meningkatkan produksi hingga 30% serta pendapatan petani menigkat hingga lebih 50%.

Yang menginginkan materi diskusi silahkan download link di bawah :

1. Dr. Ellinamansyah (Strategi Agribisnis Buah Tropika melalui Pendekatan Inovasi Teknologi Budidaya dan Pemasaran)

2. Martin Minar Wijaya (Tips Pemasaran Buah Tropika Yang Efektif dan Efisien)

3. Dede Hediansyah (Unlocking Digital Agriculture)

Foto dan narasi : TIM Web

Pin It

Comments powered by CComment