JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PEPAYA : Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan menjadi alternatif yang harus dipilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan. Buah-buahan tropis merupakan sumber bahan alami dari aneka vitamin, mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.
Menurut Adnan Erold 2020, pemberian vitamin C dosis tinggi dapat menjadi salah satu alternative pengobatan penderita pneumonia Covid 19, karena vitamin C dapat meningkatkan imun pada paru-paru. Vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeks, dapat mencegah dan menyembuhkan serangan flu (Pauling, 1971). Selain itu Vitamin C juga dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida pada orang-orang yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi
Sumber vitamin C alami yang tinggi banyak ditemukan pada buah-buahan antara lain pepaya. Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 60-120 mg/100 gram daging buah. Vitamin C pada buah-buahan biasanya asam askorbat yang bersifat mudah larut dalam air dan cepat rusak jika dipanaskan. Vitamin C tidak stabil dalam larutan alkali, tetapi cukup stabil dalam larutan asam (Sunita, 2004). Rata-rata absorbsi adalah 90% untuk konsumsi diantara 20-120 mg/hari. Kelebihan vitamin C yang berasal dari buah tidak menimbulkan gejala. Tetapi konsumsi vitamin C berupa suplemen secara berlebihan setiap harinya akan menimbulkan hiperoksaluria dan risiko lebih tinggi untuk menderita batu ginjal. Mengkonsumsi buah pepaya sebagai sumber vitamin C sangat tepat karena buahnya dapat dimakan segar sehingga kandungan vitaminnya tidak mudah rusak, rasanya manis, mudah didapat dan harganya murah.
Selain itu setiap 100 gram daging buah pepaya mengandung beta karoten rata-rata 276 mikro gram , vitamin A antara 18.7 sampai 74.0 mikro gram RAE, calsium 20 mg dan kalium 182 mg. Karoten dapat larut dalam lemak, tidak larut dalam air, mudah rusak karena teroksidasi pada suhu tinggi. Beta karoten dapat dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Pepaya juga mengandung antioksidan jenis lainnya yang mempunyai kemampuan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh. Kandungan serat dan pectin pada buah pepaya sangat baik untuk diet.
Nah, agar kita sehat jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi pepaya yang enak dan manis. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menyediakan pepaya Merah Delima merupakan varietas unggul yang sudah mulai dikenal masyarakat. Varietas unggul pepaya hasil inovasi ini sudah berkembang di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Pepaya Merah Delima mempunyai rasa yang manis, tekstur kenyal, daging buah tebal, tidak beraoroma dan ukuran buah sedang.

Penulis : Tri Budiyanti

Pin It