JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Alpukat Tongar, Alpukat Unggul Dari Pasaman Barat

Alpukat (Persea americana), merupakan salah satu tanaman buah yang banyak disukai masyarakat.  Alpukat memiliki rasa gurih, tidak manis dan tidak asam dengan tekstur seperi mentega. Alpukat mengandung lemak cukup tinggi, sebagian besar merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang dibutuhkan oleh manusia.

Ada beberapa jenis alpokat di Indonesia salah satunya alpukat Tongar yang merupakan alpukat unggul yang telah dirilis berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 568/Kpts/SR.120/9/2006. Alpukat ini berasal dari Desa Tongar, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Alpukat Tongar memiliki rasa daging buah yang gurih dan pulen, warna daging kuning mentega, serta bobot buah yang cukup besar (500 - 900 g). Selain itu alpukat Tongar memiliki adaptasi yang luas dan genjah. Tanaman yang berumur 2 tahun sudah dapat berproduksi dengan jumlah 20 buah perpohon pada produksi tahap pertama.

 

Gambar 1. Duplikat pohon induk (kiri) dan buah alpokat  Tongar (kanan).

Karakter Buah Alpokat Tongar

Untuk mendukung pengembangannya, Unit Pengelola Benih Sumber Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (UPBS Balitbu Tropika) telah memproduksi benih sumber alpokat Tongar. Benih sumber alpokat tersebut telah diproduksi sejak tahun 2013 dan didistribusikan ke 23 propinsi, melalui BBI, petani penangkar dan instansi terkait lainnya. Dengan penyebaran benih sumber ini diharapkan alpukat Tongar dapat diperbanyak dan berkembang di daerah-daerah tersebut. Benih sumber merupakan benih yang nantinya dapat dijadikan sebagai pohon induk untuk perbanyakan benih ditingkat petani penangkar. (Sumber : Farihul Ihsan)

Sumber : Farihul Ihsan.
Editing : Tim Website 06 Juni 2017