JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Salah satu sarana penunjang utama balai penelitian adalah kelengkapan peralatan laboratorium yang ditunjang oleh tenaga yang handal dalam penanganan penggunaan peralatan tersebut. Pada tanggal 14 - 17 Mei laboratoirium Balai Penelitian Tanaman Tropika - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mengadakan pelatihan penggunaan peralatan laboratorium Atomic Absorption Spectrometer (AAS) dan Spectrofotometer bertempat di laboratorium kimia dan tanah laboratorium uji mutu benih.

Pelatihan yang diikuti oleh 13 orang tenaga laboratorium baik peneliti maupun teknisi. Latihan ini ditujukan agar tenaga yang mengelola peralatan dan para analis terampil dan teliti dalam melakukan analisa kimia mulai dari tanah, buah, daun, pupuk atau komponen lain yang akan menggunakan jasa analisa di laboratorium.

Kedepannya laboratorium ini dengan peralatan yang baru diadakan pada tahun anggran 2012 dan 2013 bisa lebih produktif dalam melakukan analisa baik dari lingkungan internal maupun dari eksternal. Kedua alat tersebut teleh dilengkapi dengan software pembaca data sehingga data yang dihasilkan bisa langsung dibaca, disimpan sebagai data digital dan di cetak

AAS ( kiri) dan Spectrofotometer (kiri) yang telah di lengkapi software analisa data

Para peserta mengikuti jalannya latihan yang disampaikan oleh teknisi dari perusahaan pemasok alat tersebut