JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pemetaan luas lahan tanaman bawang merah di Kabupaten Solok
Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika pada Sabtu tanggal 11 Februari 2017 dengan tim dari Puslitbang Hortikultura mengadakan kegiatan pemetaan luas lahan tanaman bawang merah di Kabupaten Solok. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mendukung PROLIGA (Program Lipat Ganda). Program PROLIGA merupakan paket teknologi dan benih guna melipatgandakan produksi (dalam hal ini cabai dan bawang merah) baik saat on season maupun off season. Melalui program ini diharapkan produksi bawang merah Indonesia yang saat ini sebesar 10,2ton/ha dapat dinaikkan hingga 20ton/ha.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang mempunyai peralatan drone camera pada kegiatan ini berkontribusi untuk pengambilan foto yang membantu dalam hal pemetaan serta pengukuran luasan lahan bawang merah di kabupaten Solok. Lokasi yang dikunjungi dan didata adalah nagari Paninggahan Kecamatan X Koto Singkarak. Dari hasil diskusi dengan beberapa petani yang ditemui di lapangan, mereka mengatakan saat ini sudah banyak petani yang beralih menanam bawang merah karena perputaran keuntungan dari panen tanaman bawang merah lebih cepat dari tanaman padi.

Koordinasi dengan beberapa peneliti sebelum terjun ke lapangan untuk pengukuran lahan

Lahan yang sudah diolah dan tanaman bawang merah yang baru di tanam di lapang nagari Paninggahan Kecamatan X Koto Singkarak

Pilot drone sedang menerbangkan pesawat drone yang siap memotret kondisi dan luasan lahan

Drone Cam saat diudara

Foto Dan Naskah: Tim Website
14 Februari 2017


Pin It