JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Study Banding Gapoktan Kabupaten Lamongan

Balitbu Tropika, 2016. Untuk meningkatkan dan menambah wawasan petani, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kab. Lamongan -Jawa Timur untuk melakukan study banding tentang budidaya mangga ke Kebun Percobaan Cukurgondang - Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang berlokasi di Pasuruan tanggal 7 September 2016. Rombongan terdiri dari 45 orang yang didampingi oleh beberapa penyuluh dari Badan Ketahanan Pangan Kab. Lamongan.

Dalam penyampaian oleh koordinator rombongan tujuan kedatangan rombongan adalah mereka ingin mengetahui bagaimana budidaya mangga yang baik dan benar, dilajutkan dengan sambutan dari Kepala KP Cukurgondang Endriyanto. Pemaparan materi disampaikan oleh Ir. Rebin tentang budidaya mangga, perbenihan serta kegiatan penelitian yang dilakukan di KP Cukurgondang - Balitbu Tropika serta pengembangan dan penyebaran benih mangga Garifta (Merah, Kuning, Orange dan Gading) di Indonesia yang telah berjalan memasuki tahun ke 5 yang dilakukan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian ke beberapa daerah potensi pengembangan mangga termasuk daerah Lamongan.

Dari diskusi juga terungkap bawah beberapa petani megaplikasi paklobutrazol pada mangga mereka yang berakibat tahun berikutnya tanaman merana bahkan mati, hal ini terjadi karena tidak dilakukannya budidaya yang benar sebelum perlakuan seperti : pengairan dan pemupukan, artinya tanah tidak memiliki daya dukung untuk kegiatan metabolisme pertumbuhan tanaman akibat pemacuan untuk mempercepat produksi dengan penggunaan paklobutrazol tersebut. Pada kesemptan ini rombongan juga belajar bagaiamana teknik penyambungan dan apa itu top working.


Koordinator rombongan Sigit (batik merah) dan Kepala KP Endriyanto (baju putih) saat menyampaikan sambutan (kiri)
Sebagian rombongan Gapoktan dan Penyuluh Kab. Lamongan di ruang pertemuan kebun (kanan)

 

Kepala kebun dan rombongan berdidkusi di lapang

 

Rombongan belajar teknik menyambung dan topworking

 

Rombongan foto bersama di depan kantor kebun
Foto dan naskah : Khoirul Mu'minin
7 September 216


Pin It