JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BERLIBUR, SILAHTURAHMI DAN BELAJAR

Balitbu Tropika, 2016. Salah satu manfaat media sosial (medsos) adalah menjalin pertemanan dan menambah pengetahuan, pada saat liburan seluruh karyawan dan karyawati Kebun Percobaan Cukurgondang mengadakan perjalanan bersilahturahmi dan belajar ke salah satu petani pengusaha buah naga serta perbenihan buah lainnya yang dikenal lewat medsos Ibu Asroful Uswatun di bawah bendera Mitra Tani Unggul yang berlkasi di dusun Darungan Rowotengu Desa Sidomulyo, Kec. Semboro, Jember. Dengan luasan lahan milik sendiri 1 Ha lebih mampu menghasilkan buah yang berkualitas dengan segmen pasar menengah atas. Selain mengelola lahan sendiri beliau juga membina beberapa petani baik yang ada di desanya maupun dari daerah lain disekitarnya.

Untuk menjaga kualitas buahnya Ibu yang ramah dengan 5 orang anak ini melakukan budidaya yang baik dengan belajar dari berbagai sumber, yang diterapkan juga kepada petani yang berada dibawah binaaannya, sehingga harga penjualan buahnya masih mampu bersaing dengan harga yang beredar di pasaran walau harganya lebih tinggi. Segmen pasar yang disasar adalah supermarket, minimart, toko buah baik yang di Jawa Timur maupun di luar Jatim bahkan sampai ke luar Jawa, bahkan pada saat kunjungan ini ada pedagang buah dari Riau yang langsung datang ke lokasi Ibu Usrotul Uswatun. Selain budidaya beliau juga melakukan perbanyakan tanaman buah naga dengan teknik grafting selain perbanyak stek yang umum dilakukan. Tujuan grafting adalah untuk mempercepat pertumbuhan beberapa vairetas yang pertumbuhan perakarannya lambat.

Manfaat dari karyawan dan karyawati melakukan perjalanan ini adalah bagaimana budidaya buah naga secara komersial yang baik, untuk berjaga-jaga dalam rangka kemandirian kebun percobaan nantinya. Pada kesempatan ini Kepala KP Cukurgondang Endriyanto menyerahkan kenang-kenangan berupa benih mangga Garifta dan Agri Gardina-45 juga memberikan buah Agri Gradina-45 untuk diincipi "Waah..enak ya" katanya. Pemberian kenang-kenangan ini bertujuan agar varietas-varietas tersebut menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Ibu Usroful Uswatun saat menerima rombongan (kiri) dan menikmati rasa buah mangga Agri Gardina-45 (kanan)

 

Ir. Rebin sedang melihat buah naga di kebun (kiri)
grafting buah naga merah (batang bawah) dan buah naga kuning (batang atas) (kanan)

 

Sebagian rombongan foto bersama di depan rumah Ibu Usrotul Uswatun
Edwin (berjenggot kaos hitam) pedangan buah asal Pekanbaru
Foto dan artikel : Khoirul M
@2016

Pin It