JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
WARTA KP. SUBANG
PETANI BEKASI BELAJAR BUDIDAYA SEMANGKA DAN MELON

Di wilayah Bekasi Jawa Barat harga jual buah semangka dan melon  saat ini sangat bagus. Ketersediaan buah ini di wilayah tersebut cukup banyak dan stabil tetapi berasal dari produsen di luar wilayah setempat. Kondisi ini mendorong minat para petani setempat untuk menanam komoditas tersebut. Mereka mengunjungi KP. Subang untuk menambah pengetahuan dalam budidaya semangka dan melon agar tidak kalah bersaing dengan petani daerah lain. Rombongan 50 petani buah semangka dan melon didampingi Kepala Bidang Hortikultura beserta 6 orang staf Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi berkesempatan berkunjung ke KP. Subang pada hari Selasa, 16 Mei 2017 khusus untuk belajar budidaya Semangka dan Melon.

Rombongan tamu diterima oleh Kepala KP. Subang Diah Sunarwati, SSi, MSi beserta 6 staf kebun. Peserta diajak untuk berkeliling kebun koleksi sumber daya genetik tanaman buah, screen produksi benih dan lokasi blok tanaman buah semusim. Peserta disuguhi es buah (semangka, pepaya, nenas)  disela-sela pemaparan materi teknik budidaya semangka dan melon yang bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Sentra Perbenihan KP. Subang.

Pemaparan teknik budidaya semangka dan melon di Ruang Pertemuan Gedung Sentra Perbenihan KP. Subang

Materi yang disampaikan oleh narasumber membuat antusias peserta, apalagi beberapa teknik budidaya seperti pemangkasan cabang semangka untuk meningkatkan pruduksi dan kualitas buah yang selama ini belum mereka pahami, demikian juga materi pengenalan dan pengendalian OPT. Terlihat wajah cerah dan terucap janji, hasil kunjungan dan diskusi tersebut menjadi bekal bagi mereka dalam budidaya tanaman semangka dan melan di masa yang akan datang.

Praktek lapang pemeliharaan tanaman semangka

Naskah dan Foto : Diah S
Editor : Tim Web
Mei 2017

Pin It