JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sinergi Balitbu Tropika dan PT. TAM dalam Pengembangan Buah Tropika Terintegrasi.

Sinergi antara Balitbangtan dengan stakeholders  perlu dibangun demi penderasan hilirisasi dan adopsi teknologi yang telah dihasilkan dan peningkatan kapasitas SDM peneliti. Puslitbang Hortikultura dengan PT. Trijaya Agro Mandiri (TAM) sejak tahun 2017 telah bekerjasama dan menandatangani MoU dalam mendukung pengembangan hortikultura.

PT. TAM telah menginisiasi konsep “Sustainable Agroecosystem” pertama kali pada tahun 2016 di Tegalwaru Ciampea Bogor dan pada tahun 2018 berlokasi di Serang, Baten pada lahan seluas 5 Ha. Kebun tersebut saat ini telah ditanami dengan beberapa komoditas hortikultura. Sebagai tanaman utama adalah beberapa varietas unggul durian, ditumpangsarikan dengan pisang dan pepaya serta komoditas hortikultura yang berumur pendek  seperti cabe rawit, kol, tomat dan terong serta terong.

Tim peneliti Balitbu Tropika telah melakukan pendampingan sejak pemelihan varietas, teknologi budidaya sejak saat tanam dan pemeliharaan tanaman di lapangan. Dr. Panca Jarot S melakukan pendampingan budidaya durian mulai perbenihan sampai pemeliharaan tanaman. Dr.Agus Sutanto telah berkesempatan melakukan monitoring persiapan lahan untuk budidaya pisang.

Tim peneliti pepaya  yang terdiri dari Tri Budiyanti, SP. MSi, Noflindawati, SP. MSi dan Dewi Fatria, SP telah melakukan monitoring di kebun integrated farming yang dikelola oleh PT. TAM tersebut pada Selasa tanggal 14 Agustus 2018. Tanaman pepaya Merah Delima sudah memasuki fase generatif/berbunga sehingga sudah saatnya diseleksi dengan memilih tanaman yang berbunga sempurna untuk dipelihara sedangkan tanaman yang berbunga betina dipotong/dibuang. PT.TAM sudah merasakan manisnya berusaha tani papaya Merah Delima di Tegalwaru Ciampea Bogor (LINK 2), sehingga mereka berharap papaya Merah Delima yang ditanam di Serang dapat segera menghasilkan dan memberikan keuntungan pada perusahaan.

Semoga kerjasama Balitbangtan dengan stakeholders seperti ini  terus meningkat sehingga teknologi yang telah dihasilkan benar-benar diterapkan  dan mampu memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan pertanian Indonesia.

 

Sumber : Tim web

Subkategori