JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pepaya MD, bukan Muslahuddin Daud

Muslahuddin Daud dan pepaya Merah Delima (foto : http://acehtrend.co)

Pepaya MD, bukan pepaya Muslahuddin Daud, melainkan pepaya Merah Delima yang saya tanami sebanyak 6000 batang di Lamteuba Aceh Besar. Pepaya MD ini adalah varietas unggul baru (VUB) yang di produksi Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Saya beruntung karena ketika menanam pepaya ini mendapat bimbingan langsung dari orang yang kompeten soal bibit ini, Ibu Tri Budianti, ahli pepaya MD. Meski kami hanya diskusi lewat dunia maya, namun hasil diskusi dapat langsung saya aplikasikan di lapangan.

Hasilnya cukup menggembirakan, Pepaya yang sudah berumur lebih 2 tahun masih sangat produktif. MD salah satu varietas yang layak untuk dikembangkan di Aceh, karena sudah terbukti memiliki keunggulan dibandingkan dengan Pepaya sejenis. Warna dagingnya merah oranye, daging buah tebal (> 3cm), rasa sangat manis (TSS: 11-14 ° BRIX), produktivita di atas 70 ton/ ha. Tanaman pepaya dapat ditanam di semua daerah di Indonesia dan tumbuh subur menyebar dari dataran rendah sampai tinggi, yaitu sampai 1000 m dpl.

Pepaya MERAH DELIMA mempunyai karakter kualitatif yang hampir mirip dengan pepaya, California yang sering disebut CALLINA, Perbedaannya antara lain pada penampilan punggung buah dan bentuk rongga tengah. Pada pepaya CALLINA punggung buah relatif lurus dan rata sedangkan pepaya MERAH DELIMA punggung buah agak bergelombang. Demikian juga dengan bentuk rongga tengah CALLINA tidak teratur sedangkan pepaya MERAH DELIMA mempunyai bentuk rongga seperti bintang bersudut lima. Keunggulan lain pepaya MERAH DELIMA yaitu daging buah lebih tebal, rasanya lebih manis dengan kadar gula ( TSS ) rata-rata 14°Brix, dan jumlah buah perpohon / 4 bulan dapat mencapai 80 buah. Produktivitas tanaman dapat mencapai 90 ton/ha/empat bulan, dengan jumlah populasi 1200 tanaman/ha. Pepaya MERAH DELIMA dapat ditanam dengan jarak tanam 2x2m, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi. Pepaya ini dapat dipanen pada umur 7-8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun.

Pepaya Merah Delima di kebun Muslahuddin Daud (foto : http://acehtrend.co)

Pepaya MERAH DELIMA akan dapat memacu pengembangan dan produksi buah dan benih pepaya nasional. Terpenuhinya kebutuhan buah dan benih pepaya dalam negeri yang berkelanjutan, bermutu tinggi dan disukai masyarakat dapat mengurangi ketergantungan impor buah dan benih pepaya nasional sehingga berdampak positif terhadap peningkatan devisa negara. Selain itu dengan diperolehnya VUB pepaya MERAH DELIMA akan dapat meningkatkan luas wilayah pengembangan pepaya sehingga produksi nasional pepaya akan meningkat. Apabila ketersediaan buah pepaya yang berkualitas tercukupi maka daya beli masyarakat di dalam dan diluar negeri terhadap buah pepaya tersebut akan meningkat dan diiringi dengan meningkatkan pendapatan petani.

Rejuvenasi Pepaya MD

Setelah memanen selama 2 tahun, di kebun saya terlihat ada sebagian kecil yang sudah menua. Pepaya MD yang sudah tua ini saatnya dilakukan peremajaan (rejuvenasi) untuk mengantisipasi jeda waktu panen yang terlalu lama. Dengan rejuvenasi ini, hanya membutuhkan waktu lebih pendek untuk kemudian pepaya sudah bisa dipanen lagi. Tenkninya; dipilih tanaman pepaya yang sudah berumur lebih dari dua tahun dan tidak produktif; Pangkas batang pepaya setinggi 0,5 meter dari permukaan tanah; olesi bagian yang dipangkas dengan fungisida dan ditutup bagian atas batangnya dengan plastik; Setelah 1-2 bulan akan tumbuh beberapa tunas pada batang tersebut; Tunas yang tumbuh tersebut dipelihara 2 tunas, sedang tunas lainnya dibuang. Pilih cabang/tunas yang letaknya saling berhadapan dan pertumbuhannya terbaik; Perawatan tanaman dilakukan dengan pemupukan, penyiraman yang intensif pada awal pertumbuhan serta pengendalian hama dan penyakit dilakukan jika diperlukan; Setelah berumur 3-4 bulan setelah pemangkasan, tanaman akan berbunga dan umur 8-9 bulan setelah pemangkasan sudah panen buah pertama.

Bertani itu mudah, keberhasilan ditentukan dengan ketekunan dalam berusaha, prinsip ini tentu saja dengan sektor lainnya. Tetapi kebutuhan FEW (food, energy and water), makanan, energy dan air adalah hal yang paling banyak dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Meskipun pepaya MD hanya, hanya sebutir pasir di pantai untuk mengisi ruang makanan manusia, tetapi bagi yang ingin berusaha peluangnya cukup menjanjikan. Katakanlah selama 2 tahun, setiap batang akan menghasilkan 150 buah dikalikan 3000 per buah, maka hasilnya 450 per batang. Kalau tanaman 3000 batang saja maka akan berpenghasilan 1,3 milyar. Selamat mencoba, saya akan membimbing menuju keberhasilan. Siapa tau, pepaya MD pintu rezeki anda. Tamah kupi sikhan

Sumber :
http://www.acehtrend.co/pepaya-md-bukan-muslahuddin-daud/

Subkategori