JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hari ini, Selasa, 6 April 2021 merupakan hari pertama Expose Inovasi Buah Tropika yang dilaksanakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balitbu Tropika. Acara Expose Inovasi Buah Tropika diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Tanaman Pepaya dan Pisang.
Bimbingan teknis dibuka oleh resmi dibuka oleh Plt. Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Ellina Mansyah, M.P.

Balitbu Tropika siap dan terbuka untuk bekerja sama ataupun pendampingan kepada siapapun yang ingin melaksanakan Budidaya Tanaman Buah Tropika” ujar Dr. Ir. Ellina Mansyah, M.P. dalam sambutannya.
Bimbingan Teknik diikuti oleh 53 orang peserta yang berasal dari petani pepaya di Aripan, Solok dan Petani Pisang binaan Balitbu Tropika di Kabupaten Solok.
Narasumber bimtek tentang teknologi budidaya dan pengelolaan tanaman ini disampaikan langsung oleh pakarnya pepaya, peneliti Balitbu Tropika, yakni Ir. Sunyoto yang menyampaikan materi tentang Teknologi Budidaya Pepaya dan Affandi, S.P., M.Sc., Ph.D. yang menyampaikan materi tentang HPT Pepaya dan Penangananya.

Sedangkan, Narasumber bimtek tentang Teknologi Budidaya dan Pengelolaan Tanaman Pisang disampaikan juga oleh pakarnya pisang, peneliti Balitbu Tropika, yakni Bapak Ir. Irwan Muas, M.P., yang menyampaikan materi tentang Teknologi Budidaya Pisang dan Dr. Riska tentang HPT Pisang dan penangananya.
Tidak hanya materi di ruang saja, para peserta langsung diajak turun ke lapang ke IP2TP Aripan untuk belajar langsung tentang perbanyakan tanaman pisang maupun pepaya. Para peserta bimtek terlihat sangat antusias. Cukup banyak pertanyaan yang disampaikan peserta kepada narasumber. Muhammad Iqbal, salah seorang peserta Bimtek mengatakan bahwa bimbingan teknik seperti ini sangat penting dan bermanfaat sekali untuk para petani.

Bimbingan teknik ini merupakan salah satu wadah untuk mendiseminasikan kinerja dan hasil-hasil yang dicapai oleh Kementan dalam memajukan pertanian di Indonesia kepada masyarakat luas.

1. Materi Teknologi Budidaya Tanaman Buah Tropika (Ir. Sunyoto)

2. Materi Hama dan Penyakit Penting Tanaman Pepaya (Affandi, S.P., M.Sc, Ph.D)

 

 

Pin It

Comments powered by CComment