JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mangga Agri Gardina 45 memperoleh kehormatan menjadi mangga favorit sebagai komoditas unggulan di Kab. Lamongan. Sejak ditanam dan diperkenalkan oleh Kebun Tilam Sari 5 tahun yang lalu mangga ini semakin diminati untik dikembangkan lebih luas lagi.

Rabu, 24 Februari 2021 Diwakili oleh Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM), pemerintah daerah Lamongan melakukan penanaman perdana Mangga Agri Gardina 45 di Desa Mencorek Kec. Brondong Kab. Lamongan. Sebanyak 5000 benih Mangga Agri Gardina yang diproduksi di IP2TP Cukurgondang dan didistribusikan kepada masyarakat di daerah ini.

Didampingi Sub Koordinator Pelayanan Teknik Balitbu Tropika, Diah Sunarwati, S.Si, M.Si., peneliti pemulia Ir. Karsinah, M.Si., Kepala IP2TP Cukurgondang, Endriyanto, dan staf Jaslit Khoirul Mu’minin, Kepala Balitbu Tropika, Dr. Ellina Mansyah, M.P. menghadiri acara penanaman perdana Mangga Agri Gardina ini. Dalam sambutannya, Kepala Balitbu Tropika menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari diseminasi produk hasil inovasi teknologi Balitbangtan sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Kementan dengan pemerintah daerah dan anggota masyarakat serta pihak swasta. Dalam hal ini pihak swasta dihadiri oleh perwakilan pasar swalayan Giant, Hero, dkk yang akan membantu pemasaran nantinya. Kerjasama ini sangat diperlukan dalam percepatan pengembangan buah tropika. Kementan dan.pemda Kab. Lamongan siap untuk mendampingi petani dalam memproduksi dan budidaya Mangga Agri Gardina ini.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si., dan Kadis Diperta Kab. Lamongan, Ir. Soejarwo. Dalam kegiatan ini, Ka Diperta menyatakan bahwa Jatim menyumbang 14% produksi mangga Nasional.

Ketua Jatam, Muhsin dalam diskusi mengungkap bahwa Jatam juga memproduksi pupuk dan pestisida organik yang sudah mulai dipasarkan. H. Anis Azhar, salah satu pengurus Jatam yang sudah mengembangkan Agri Gardina secara mandiri juga menjelaskan bahwa Jatam juga mengembangkan tanaman pisang dan sudah masuk pasar tradisional maupun modern dan sudah mulai dikenal masyarakat setempat termasuk pemangku kebijakan di Kab Lamongan.

Selain penanaman perdana Mangga Agri Gardina 45, acara ini sekalian peresmian Mushola Al Firdaus oleh Bupati Lamongan.

 

 

Pin It

Comments powered by CComment