JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pada 18 Februari 2020, Desa Sungai Langka menjadi tempat kontes durian Kabupaten Pesawaran. Kontes yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini dikuti 103 peserta durian lokal dari berbagai desa di pesawaran.
 
Balitbu Tropika ikut berpartisipasi sebagai salah satu juri dalam kontes durian pasawaran yang diselenggarakan oleh  PT. Great Giant Foods dan Pemda Kabupaten Pesawaran, kontes durian dibuka oleh Sekretaris dinas pertanian Kab. Pesawaran di dampingi Kepala Desa Sungai Langka di area wisata Pekon Janda.
 
Dewan juri terdiri dari; Dr. Panca Jarot Santoso mewakili Balitbu Tropika Balitbangtan, Ir. Fauzan mewakili PT. Great Giant Foods, Prof. Dr. Soesiloadi E Widodo dari Unila, Bp. Aris Wahyudi mewakili penggemar durian Lampung, dan Sarnubi S. Sos. dari Pemda Pesawaran. 
Lomba dilaksanakan dalam tiga babak. Babak pertama adalah babak penyisihan berdasarkan kriteria tampilan performa buah, diperoleh 32 peserta. Selanjutnya babak kedua berdasarkan penilaian rasa, umami, serta karakter daging buah dan biji diperoleh 11 peserta. Pada babak ke-3 ditetapkan pemenang kontes.
 
Pemenang kontes ini adalah: Juara I peserta no 43 durian Sahbit milik Apriyadi,  Juara II peserta no 85 milik Anar Suwarto, Juara III peserta no 57 milik Alfian Syah, dan Harapan I peserta no 1 milik Usman Wahyudi, dan Harapan II peserta no 75 milik Abdi Pangestu.
 
Rangkaian acara kontes ditutup dengan pembagian hadiah berupa uang tunai dan bingkisan.
Naskah & Foto: Panca Jarot Santoso
Pin It