JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Kontes durian yang digagas Kerapatan Adat Nagari didukung oleh persatuan perantau kubang dibuka oleh Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti. 
Kontes yg digelar pertama kali di kota Sawahlunto ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Ir. Chandra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Lelis Epriyenti, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi Khatib Bosa juga  segenap Anak Nagari Kubang.
 
Balitbu Tropika juga ikut mendukung kegiatan ini dengan menugaskan dua orang peneliti durian yaitu Dr. Panca Djarot Santoso dan Ir. Ni Luh Putu Indirayani, MP untuk menjadi juri kontes. Juri lainnya adalah Ir. Abrar Hamdi utusan dari UPTD BPSB Sumbar.
 
Peserta yang mengikuti kontes durian ini mencapai 40 orang untuk memperkenalkan keunggulan durian masing - masing peserta. Setelah melewati proses penilaian, Juara 1 lomba durian Kubang diraih oleh durian Songgan milik Dewi dari Dusun Sumpahan Desa Kubang Utara Sikabu, juara 2 durian Timbago milik Rozen dari dusun Polak Datar Desa Kubang Tangah, dan juara 3 durian Timbago milik Ilwandi dari Dusun Sionsek Desa Kubang Tangah. Sementara untuk Harapan 1 durian Bungkuak milik Andi dari Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang dan harapan 2 durian Hijau milik Mismer dari Dusun Dalimo Gadang.
 
Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi Khatib Bosa mengatakan KAN bersama anak nagari Kubang bertekad gelaran Festival Durian Kubang ini akan kembali dilaksanakan di tahun - tahun mendatang.
Semoga durian juara hasil dari kontes ini dapat dikembangkan menjadi komoditas unggulan dan menjadi ikon Nagari Kubang dan umumnya kota Sawahlunto.
Pin It