JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Momen yang telah ditunggu-tunggu oleh segenap keluarga besar Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika akhirnya datang juga. Pada Senin,2 Desember 2019 bertempat di Auditorium B.J.Habibie Gedung BPPT Jakarta, Balitbu Tropika memperoleh Apresiasi Lembaga Litbang sehingga dikukuhkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Buah Tropika tahun 2019 oleh oleh Menteri Ristek dan BRIN. Pemberian plakat penghargaan diserahkan langsung oleh Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D selaku Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan diterima oleh Kepala Balitbu Tropika Dr.Elina Mansyah. Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh keluarga besar Balitbu Tropika atas dukungan dan kerja kerasnya serta seluruh stekholder dan masyarakat  yang selama ini telah bekerjasama dan berkontribusi terhadap keberadaan lembaga. Penilaian lembaga meliputi sektor Sourcing absorptive capacity Research & Development Capasity dan Dessiminating Capasity lembaga litbang.

Kementerian Ristek dan BRIN telah melakukan pembinaan kepada 137 pusat lembaga litbang untuk menjadi unggul, 99 di antaranya telah menjadi lembaga unggul, dan 18 lembaga dikukuhkan pada akhir tahun 2019.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan keberagaman hayati, mestinya mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang inovatif yang tidak dihasilkan oleh negara-negara lain. Ada ratusan pusat unggulan iptek (PUI) di Indonesia, ditambah lagi lembaga riset berbasis perguruan tinggi. Keberadaan PUI dan lembaga riset kampus harus memberikan kontribusi pada temuan dan pengembangan produk, hilirisasi dan link dengan dunia usaha. Ratusan lembaga riset itu mestinya berkoordinasi dan berkolaborasi dalam kegiatan yang dilakukan. Demikian disampaikan oleh Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D pada kesempatan tersebut. Semoga dengan dikukuhkannya Pusat Unggulan Iptek Buah Tropika tahun 2019 maks inovasi yang dihasilkan semakin luas "terpapar" dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan daya saing buah tropika nasional.

Foto dan Naskah: Tim PUI

Pin It