JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balitbu Tropika saat ini sedang gencar-gencarnya memanfaatkan lahan kosong di semua Instalasi Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) lingkup Balitbu Tropika. Pemanfaatan lahan kosong merupakan anjuran dari Menteri Pertanian yang disampaikan oleh Kepala Balitbu Tropika, Dr. Ellina Mansyah pada banyak kesempatan di hadapan para peneliti dan teknisi Balitbu Tropika.

Semangka dan melon merupakan dua komoditas yang banyak ditanam untuk mengisi lahan kosong di beberapa IP2TP. Di Solok, kedua komoditas ditanam secara rutin sebagai bagian dari demo inovasi tanaman buah tropika yang dikelola oleh Seksi Jasa Penelitian. Demplot semangka dan melon terletak di lahan dan screen house yang berlokasi di IP2TP Aripan. Tanaman melon ditanam di dalam dan sekitar screen house 3, di sekeliling screen house 3 juga ditanami blewah. Melon tanpa lanjaran, dan beberapa hibrida semangka yang digalurkan dalam jumlah terbatas. Melon juga dutanam di IP2TP Sumani, mengisi rumah kawat bekas blok duplikat pohon induk (DPIT) jeruk Crifta dan Jemari Taji beberapa tahun yang lalu.

Gambar 1. Keragaan tanaman melon di IP2TP Aripan dan Sumani

Beralih ke kebun percobaan Balitbu Tropika yang berlokasi di Pulau Jawa. IP2TP Subang (Jawa Barat) rutin menanam semangka varietas Serif Saga Agrihorti di halaman depan dan belakang kantor IP2TP Subang. Jumlah tanaman semangka yang dipelihara saat ini sekitar 850 tanaman, dan diperkirakan akan dipanen dalam dua minggu ke depan. Sementara di IP2TP Cukurgondang (Jawa Timur), juga menanam semangka varietas Serif Saga Agrihorti. Penanaman semangka di IP2TP Cukurgondang sedikit berbeda dari lokasi lain, yaitu ditanam dengan posisi tegas menggunakan lanjaran, meniru budidaya melon.

Gambar Keragaan tanaman semangka di IP2TP Subang.

Naskah dan Foto: Kuswandi
Editor: Tim Website

 

 

Pin It