JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Konservasi tanah dan air sangat penting artinya bagi kelangsungan koleksi tanaman yang dipelihara di kebun percobaan. Pada hari Jum'at 5 Juli 2019, tim peneliti Balitbu Tropika yg dipimpin oleh Dr. Martias berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu peneliti senior Balai Penelitian Tanah yang menguasai bidang Konservasi Tanah dan Air, yaitu Dr Umi Haryati. Diskusi berlangsung hangat karena topik yang dibahas juga sangat menarik yaitu tentang Tanah, Tanaman dan Air.

Pemenuhan kebutuhan air pada pertanian lahan kering umumnya hanya mengandalkan air hujan. Tanpa penerapan teknologi irigasi dan teknologi efisien air, maka tanaman tidak dapat berproduksi secara maksimal. Pemberian air harus disesuaikan dengan kebutuhan air  tanaman agar air irigasi menjadi efisien. Kebutuhan air tanaman berhubungan dengan evapotranspirasi dan curah hujan.
 
Melalui diskusi ini Dr Umi Haryati membagikan pengalaman beliau dalam pengelolaan air, terutama pada lahan kering. Mudah-mudahan pengalaman beliau dapat diterapkan di kebun-kebun percobaan lingkup Balitbu Tropika agar kelangkaan air pada musim kemarau dapat dimanfaatkan seefisien mungkin.
 
Foto dan Naskah: Nini Marta
Editor: Tim Website
Pin It