JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kamis 4 Juli 2019, tim peneliti Ekofisiologi Balitbu Tropika yang terdiri dari Dr. Martias, Nini Marta, MP dan Eni Angriani, SP melakukan studi banding ke Balai Penelitian tanah (Balittanah) yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar Bogor. Dalam kegiatan ini tim peneliti Balitbu yang sudah memproduksi kompos sejak tahun 2017 berdiskusi dengan peneliti dari  Balittanah terkait pemanfaatan dekomposer yang biasa digunakan di Balittanah. 

Untuk diketahui saat ini rumah kompos Balitbu Tropika yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 2017, telah melakukan pengolahan kotoran sapi menjadi kompos. Disamping itu juga mengolah limbah batang pisang sebagai bahan baku kompos. Namun sampai saat ini proses pengomposan tersebut masih memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 6-10 minggu.

Guna mengatasi masalah tersebut Balitbu Tropika berencana menggunakan dekomposer yang biasa digunakan di Balittanah.  Diskusi hangat dilakukan bersama Dr. Etty Pratiwi beserta tim. Studi banding dilanjutkan dengan mengunjungi rumah kompos Balittanah.

Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan silaturahmi dan diskusi bersama Bapak Ir. A. Kasno, MSi yang pada tahun 2016 sampai 2018 pernah bekerjasama dengan Balitbu Tropika dalam kegiatan menemukan formulasi pupuk berskala submikron. Beliau merupakan salah satu peneliti Balittanah yang menangani kesuburan tanah dan pemupukan.

Foto dan Naskah: Nini Marta
Editor: Tim Website

Pin It