JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Puting beliung menerjang Kebun Percobaan Aripan Balitbu Tropika pada Minggu sore tanggal 3 Maret 2019. Bencana ini menumbangkan puluhan tanaman koleksi plasma  nutfah yang sudah berumur puluhan tahun serta merusakkan beberapa fasilitas kantor seperti gedung kantor, screen house, laboratorium dan bengkel. Pohon koleksi plasma nutfah yang tumbang antara lain durian, rambutan, alpukat,pepaya, matoa, jambu air, pisang dan koleksi aneka tabulampot. Kerugian akibat musibah ini ditaksir milyaran rupiah.

Berselang satu hari pasca musibah angin puting beliung, seluruh karyawan-karyawati Balitbu Tropika bekerja bahu-membahu membersihkan lingkungan sekitar pintu masuk kantor dan depan auditorium yang dipenuhi pohon tumbang.

Gotong royong juga dilakukan di sector lain, di antaranya di screen house dan laboratorium. Kerusakan terparah terjadi di screen house 3 dengan jumlah kaca retak dan pecah sebanyak 20 lembar, selanjutnya screen 1, 10 lembar dan screen 2, 6 lembar. Tenaga kerja di screen house 3 bekerja mengumpulkan dan membersihkan pecahan kaca yang berserakan di lantai screen house. Hal yang sama juga terjadi dilaboratorium 3, dimana tumbangnya salah satu pohon jambu yang berada dibelakang labor serta kerusakan beberapa jendela di laboratorium 2 akibat terjangan angin.

Diharapkan beberapa hari ke depan suasana kerja dan pelayanan terhadap stake holder di Balitbu Tropika sudah dapat kembali berjalan normal seperti biasa.

Foto dan Naskah: Tim Medsos

 

Pin It