JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Guru Smk Menambah Keahlian  Budidaya Tanaman Buah

Panas siang begitu terik  saat rombongan staf pengajar SMK dari Pusat Belajar SMK Negeri 02 Lubuk Basung  memasuki blok percontohan budidaya tanaman buah naga di KP Aripan Balitbu Tropika di Solok.  Kondisi tersebut tidak mengurangi antusiasme mereka  untuk belajar, berdiskusi dan melihat langsung sistim budidaya tanaman buah naga sehat. Mereka adalah rombongan staf pengajar dari beberapa SKM, dari Kabupaten Tapanuli Selatan (2 orang), Tapanuli Utara (2 orang), Kabupaten Nias (5 orang) dan Sumatera Barat (5 orang).

Rombongan staf pengajar beberapa SMK yang berjumlah 14 orang tersebut berkunjung ke Balitbu Tropika pada Senin 15 Mei 2017. Rombongan disambut oleh Kasi. Jasa Penelitian  Balitbu Tropika Dr. Panca Jarot Santoso. Pada sambutannya Desnawati, SP selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa mereka ingin menimba ilmu dalam bidang Hortikultura khususnya teknologi budidaya tanaman buah naga.  Mereka tergabung dalam “Program Keahlian Ganda Guru-guru Produktif SMK”. Desmawati menyampaikan bahwa program tersebut adalah program Revitalisasi SMK Kemendikbud yang bertujuan menambah keahliah guru salah satunya dalam budidaya tanaman buah.  Keahlian tambahan tersebut selanjutnya akan dimasukkan dalam materi/bahan ajar di sekolah masing-masing.

Penyampaian materi Budidaya Buah Naga Sehat oleh Dra. Jumjunidang, Msi di Ruangan Showroom Balitbu Tropika

Materi Budidaya Buah Naga disampaikan oleh peneliti komoditas buah naga Dra. Jumjunidang, MSi. Presentasi disampaikan sebelum kunjungan ke lapangan. Dalam presentasinya Jumjunidang menguraikan secara lengkap tentang prospek ekonomi buah naga, sistim budidaya sejak persiapan lahan, persiapan benih, pemeliharaan tanaman dan sedikit tentang pascapanen.  Pada kesempatan kunjungan ini Balitbu Tropika menyerahkan beberapa materi publikasi teknologi buah tropika berupa leaflet dan pamflet. Pertemuan dan diskusi langsung di lapangan ini diharapkan rombongan staf pengajar SMK tersebut dapat memahami tentang budidaya tanaman buah naga dan tetap berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Balitbu Tropika.

Foto dan Naskah: Tim Website
16 Mei 2017


Pin It