JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Diseminasi Teknologi Buah Tropika Di BBH Saree Kabupaten Aceh Besar

Diseminasi kapan saja dan dimana saja, merupakan salah satu strategi percepatan adopsi teknologi. Hal ini dilakukan oleh  Tim Diseminasi Balai Penelitian Tanaman Buah  Tropika di sela-sela kesibukan PENAS  dengan menyempatkan diri singgah di UPTD Balai Benih Hortikultura (BBH) Saree Kab. Aceh Besar. BBH Saree merupakan salah satu lembaga perbenihan dan pembibitan hortikultura di wilayah Saree Aceh Besar yang bertugas antara lain menyediakan benih, data dan informasi perbenihan, kebun koleksi varietas unggul dan agrowisata.

Kunjungan Tim Balitbu Tropika bertujuan untuk melakukan pembinaan, diskusi dan sosialisasi teknologi buah tropika. Pada kempatan tersebut  tim berdiskusi dengan Kepala BBH Saree dan beberapa staf tentang koleksi buah tropika yang berada di BBH serta sosialisasi perbaikan teknologi budidayanya.

Dr. Panca Jarot S dan Dra. Jumjunidang menyampaikan berbagai saran budidaya buah naga di BBH Saree

Komoditas yang ditinjau yaitu pepaya Merah Delima, durian, pisang dan buah naga. Saat ini tanaman buah naga berumur 1 tahun sebanyak 1000 tiang dan sudah mulai berbuah. Kebun pisang barangan seluas 6 ha  saat ini sudah berproduksi. Kebun plasmanutfah durian terdiri dari 13 kultivar durian, sedangkan kebun pepaya ditanami pepaya Calina dan Merah Delima.

Untuk mendukung tugas dan fungsi BBH Saree, Balitbu Tropika melakukan pendampingan dalam teknologi budidaya tanaman tersebut. Diskusi dan saran-saran dari Tim Balitbu Tropika antara lain perawatan kebun buah naga dengan pemupukan dan pengairan yang cukup serta upaya pencegahan serangan hama penyakit. Saran yang disampaikan bertujuan agar pengelolaan  tanaman lebih optimal sesuai petunjuk yg ada, sehingga akan meberikan hasil yang optimal.

Kebun koleksi pisang di BBH Saree (kiri) dan Tim Balitbu Tropika dan Kepala BBH Saree dan stafnya di kebun pepaya BBH Saree.

Foto dan Naskah: Tim Website
09 Mei 2017




Pin It