JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Kunjungan Kerja DPRD Kalimantan Selatan Terkait SDG Buah

Sumberdaya genetik (SDG) tanaman khususnya buah tropika memiliki peran dalam meningkatkan produk pertanian dan penyediaan pangan. Sumberdaya genetik menyediakan bahan bagi perbaikan tanaman untuk memperoleh varietas unggul baru secara alami. SDG berperan sebagai bagian dari ekosistem yang berguna bagi kelangsungan keseimbangan alam, sehingga kelestarian SDG perlu dijaga..

Kalimantan Selatan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai potensi sumberdaya genetik buah yang beragam. Untuk menjaga kelestarian dan melindungi SDG buah ini, Pemerintah Provinsi Kalsel berencana membuat Raperda tentang perlindungan plasma nutfah lokal Kalsel. Untuk persiapan penyusunan Raperda ini, pada hari Jum’at 17 Februari 2017 sebanyak 18 orang anggota DPRD  dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kalsel mengadakan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Buah Tropika di Solok untuk berdiskusi tentang pengelolaan SDG buah. Kunjungan ini dipimpin oleh H. Hamsyuri selaku Wakil Kepala DPRD Kalsel, dan disambut oleh Kepala Balitbu Dr. Mizu Istianto, didampingi Kasi Jaslit Dr. Panca Jarot Santoso, Kasi Yantek Ir. Djoko Sudarso, M.Si dan Plt. Koordinator program Dr. Agus Susanto.

Dalam pertemuan itu Kepala Balitbu menyampaikan beberapa kegiatan berkaitan dengan pemanfaatan SDG tanaman buah. Diantara kegiatan pemanfaatan SDG adalah pembuatan teh kesehatan dari asam gelugur yang diberi nama Garci Tea. Dari kegiatan tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan. Asam gelugur yang awalnya langka, sekarang banyak ditanam untuk memasok bahan Garci Tea yang omsetnya telah mencapai 6.000 box setiap bulan. Kegiatan lainnya yaitu pelestarian SDG pisang melalui pemanfaatan pisang ayam untuk produk kripik, yang dikerjasamakan dengan PT. Kiniko di Tanah Datar. Pisang ayam yang mulai langka, sekarang telah dikembangkan untuk bahan baku pembuatan kripik di PT. Kiniko.

Dari paparan ini diharapkan dapat memberi masukan berdasarkan pengalaman Balitbu Tropika dalam usaha pelestarian SDG dan menjadi acuan dalam penyusunan Raperda SDG di Kalimantan Selatan. Di akhir kunjungan kerja, peserta menyempatkan diri melihat demplot manggis sambungan (pohon rendah)  dan pisang, peserta juga mengunjungi kebun buah naga dan kebun pepaya di KP. Aripan sambil berdiskusi dan menikmati suguhan buah-buahan dari Balitbu Tropika. Semoga pertemuan ini banyak memberikan manfaat untuk menjaga SDG tanaman buah-buahan di Indonesia umumnya dan Kalimatan Selatan khususnya.

Naskah dan Foto: Tim Website
24 Februari 2017




 

Pin It