JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Produksi Dan Distribusi Benih Cabai Mendukung Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Sumatera Barat

Balitbu Tropika 2017. Sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU gerakan nasional penanaman  cabai (Gernas Cabai) antara BPTP Balitbangtan Sumatera Barat dengan PKK Sumatera Barat, maka pada Rabu  8/2/2017, Balitbu Tropika menyerahkan 10.000 bibit cabai. Bibit cabai tersebut diserahkan  ke Dinas Pertanian Kabupaten Solok.  Program Gernas Cabai merupakan program Kementerian Pertanian untuk mendukung kawasan rumah pangan lestari,  menyediakan kebutuhan cabai rumah tangga dan menekan harga cabai yang mahal.

Penyerahan benih cabai tersebut dilakukan oleh Ir. Sunyoto (Kepala Kebun KP. Sumani Balitbu Tropika) kepada Ir. Marlis dari Dinas Pertanian Kabupaten Solok. Pada kesempatan tersebut Ir. Marlis mengatakan bahwa bibit ini akan didistribusikan ke beberapa nagari di Kabupaten Solok, yaitu:

  • Sumani  (1000 bibit)
  • Panyakalan (2000 bibit)
  • Gantung Ciri (1000 bibit)
  • Bukit Tandang (2000 bibit)
  • Cupak (1000 bibt)
  • PKK Kab. Solok (3000 bibit)

Pemerintah daerah merencanakan akan mendistribusikan bibit ini melalui wali nagari untuk kemudian dapat diserahkan ke masing-masing warganya. Selain itu juga akan dilakukan pendampingan teknologi budidaya cabai oleh dua orang penyuluh di setiap nagari. Balitbu Tropika memperoleh tugas untuk memproduksi sebanyak 500.000 benih cabai untuk didistribusikan di beberapa kabupaten di Sumatera Barat.

Foto Dan Naskah: Tim Website
09 Ferbruari 2017


 

Pin It