JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Penandatanganan MoU  Kerjasama Balitbangtan Dengan Kota Padang dan Kabupaten Solok

Balitbu Tropika. 2017. Hari ini (13/01/2017) di Balairung Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang berada di Nagari Aripan Solok telah dilakukan penandatanganan naskah kerjasama antara  Badan Penelitian Pengembangan Pertanian dengan Bupati Kab. Solok dan antara Badan Penelitian Pengembangan Pertanian  dengan Walikota Padang. Moment ini menjadi langkah awal untuk membangun komitmen bersama memajukan kedua daerah dalam sektor pertanian. Sektor ini menjadi sumber utama ekonomi masyarakat yang dicerminkan dari nilai PDRB sekitar 24%.

 

Penandatanganan naskah kerjasama antara  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dengan Bupati Kab. Solok dan Walikota Padang.

Pada kesempatan ini Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir menyampaikan bahwa kerjasama Balitbangtan dengan Kab. Solok telah terjalin sejak lama. Sebagai contoh keterlibatan Balitbangtan dalam pembangunan pertanian Kab Solok adalah pelepasan varietas markisa, alpokad, rilis dan pengembangan beberapa varietas  padi lokal, pengembangan kopi arabika. Khusus untuk Kota Padang telah terjalin kerjasama dalam mensukseskan program MKRPL dan UPSUS pengembangan padi sawah. Dr. M Syakir mengajak kedua daerah tersebut untuk meningkatkan kerjasama dan sinergi  dalam pembangunan pertanian. Semua UPT yang berada di bawah Balitbangtan akan siap mengawal dengan semua teknologi inovasi yang sudah diasilkan.

Sambutan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Walikota Padang H. Mahyeldi A. Pada kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar segera terealisasi kerjasama pengembangan buah tropika di Kota Padang. Kota Padang hanya mampu menyediakan kebutuhan buah sebesar 30%sehingga saat ini masih mengandalkan pasokan dari luar daerah. Bupati Solok H. Gusmal, S.E, M.M dalam sambutanya juga menyampaikan 3 institusi di bawah Balitbangtan yang berada di Kab Solok diharapkan dapat mendukung pengembangan pertanian dengan inovasi teknologi yang dihasilkan. Sehingga harapan pemda kab.solok sebagai kawasan pengembangan buah-buahan dapat tercapai.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Balitbangtan Dr.Ir. Muhammad Prama Yufdy, MSc, Kapuslitbang horti SR.Ir.H. Hardiyanto, MSc. Serta Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Dr.Ir. Haris Syahbudin, DEA

Sambutan Walikota Padang H. Mahyeldi A (kiri) dan Sambutan Bupati Kab. Solok H. Gusmal, S.E, M.M(kanan)

Setelah acara sambutan dan penanda tanganan MoU, Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto sebagai tuan rumah, mengajak para tamu untuk melanjutkan dengan acara ramah tamah sambil menikmati hidangan dari aneka buah tropika.

Foto bersama di depan kantor Balitbu Tropika

Naskah dan Foto: Tim Website
13 Januari 2017


 

Pin It