JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Agirimania Sang Kandidat Mangga Unggul Nasional

Balitbu Tropika, 2016. Festival Indonesian Fruit 2016 telah berlalu, namun masih ada kesan dan harapan yang masih mengganjal, dengan salah satu petani peserta festival dengan mangganya yang berukuran cukup besar antara 1.5 - 2 kg/ biji dengan warna dan rasa serta aroma yang cukup menarik dan biji (pelok) yang tipis, mangga Agrimania. Akhirnya rasa penasaran itu terobati dengan mengutus saah satu staf Balitbu Tropika Khoirul Mu'minin untuk berkunjung ke petani mangga  Agrimania H. Urip di desa Nunuk - Kec. Lelea - Kab. indramayu - Jawa Barat.

Perjalanan darat selama 16 jam plus hampir sejam ke rumah H. Urip yang membosankan terbayar dengan sambutan dan keramahan beliau menyambut kedatangan Balitbu Tropika. Ternyata beliau sudah mengenal penulis jauh hari sewaktu beliau memerlukan mangga dari KP Cukurgondang, Pasuruan. Saat ini benih yang sudah dihasilkan sudah menyebar ke beberapa daerah baik di Jawa maupun luar Jawa dengan dan penyebaran informasinya melalui media sosial.

Pohon mangga Agrimania yang tumbuh dipekarangan rumah H. Urip (kiri)
H. Urip (kiri) dengan salah satu anggota Agrimania Flora Erwin Wiguna, SP (kanan)
berada dibawah pohon mangga Agrimania (kanan)

Dari cerita beliau mangga Agrimania didapat dari warisan orang tuanya yang ditanam dari biji sejak tahun 1989 dan mulai belajar berbuah berumur 4 tahun dan nama Agrimania diambil dari nama perusahaannya Agrimania Flora yang beralamat di Jl. Raya Laranagan - Tugu, Ds. Nunuk - Kec. Lelea - Indramayu dengan SKTDPBB : 521.32/50 DISTASNAK.  Dengan perkembangan usia tanaman mangga Agrimania sekalai panen menghasilkan buah sebanyak antara 200 - 300 kg dengan harga jual Rp 50.000/ kg, kenapa mahal ??? ternyata H. Urip memperoleh pembanding saat beliau membeli mangga import seharga Rp. 100.000/kg dengan rasa menurut beliau tidak seenak mangga di rumah, kenapa mangga di rumah tidak saya komersilkan dengan harga yang "terjangkau", maka sejak saat itu yang biasanya mangga saat panen hanya dibagi-bagikan akhirnya ternyata laku keras saat dijual dengan harga yang "terjangkau". Untuk mengantisipasi permintaan benih mangga Agrimania, kahirnya H Urip mencoba memperbanyak dengan teknik okulasi, dan dibantu dengan beberapa orang akhirnya benih mangga tersebut bisa tersebar ke beberapa daerah.

Benih Agrimania siap tanam (Foto : Instgram dan Facebook Agrimania Flora)

Dan cita-cita H. Urip yang sangat kuat adalah untuk mendaftarkan mangga Agrimania sebagai varietas unggul baru, namun sayang tidak ada dukungan yang kuat dari pihak yang terkait, bahwa ini meruoakan salah satu aset bangsa yang layak untuk dikembangkan. Beliau berharap dengan kedatangan Balitbu Tropika bisa membantu untuk mewujudkan cita-citanya...insyaallah..aamiin.

Berat buah mangga Agrimania 1.8 kg/ buah (Foto : Facebook Agrimania Flora)


H. Urip sang penemu mangga Agrimania

 

Foto dan artikel : Khoirul Mu'minin
Desember 2016
*) Semua foto Facebook dan Instagram sudah seizin H. Urip sebagai pemilik akun tersebut

 



Pin It