JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Partisipasi Balitbu Tropika pada Regional Workshop on The Control of Dragon Fruit Diseases

Balitbu Tropika 2016. Partisipasi Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) dalam mengatasi permasalahan budidaya buah naga, yaitu menghadiri undang dari Food and Fertilizer Technology Center (FFTC) Taiwan. Acara tersebut merupakan regional workshop pengendalian penyakit buah naga yang diadakan di Mekong Institute Khon Kaen Thailand mulai dari tanggal 4-8 September 2016. Undangan ini merupakan follow-up hasil workshop yang diadakan di Taiwan pada 7-9 September 2015. Pada kesempatan tersebut Indonesia diwakili oleh Kepala Balitbu Tropika (Dr. Ir. Mizu Istianto, MP) dan peneliti Balitbu Tropika yaitu Riska, S.Si, M.Sc. Topik yang disampaikan mengenai status penyakit dan perkembangan penelitian pengendalian pada buah naga serta permasalahan buah di Indonesia. Workshop ini dihadiri oleh peneliti dari universitas dan insitusi riset serta petani buah naga perwakilan dari beberapa negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, New Zealand, Fillipina, Taiwan, Thailand, Cambodia, Vietnam dan Myanmar.

Tujuan dari regional workshop ini antara lain:

  • Menentukan kesatuan arah penelitian dan teknologi mengenai penyakit buah naga dalam wilayah Asia.
  • Share pengetahuan mengenai status penyakit buah naga dari beberapa negara berbeda.
  • Mengidentifikasi prioritas penelitian mengenai penyakit buah naga
  • Mengidentifikasi institut, universitas dan peneliti yang terkait masalah buah naga dalam wilayah Asia.
  • Menjalin networking informal untuk sharing informasi, mengembangkan penelitian kerjasama dan menyiapkan joint proposal untuk pembiayaan penelitian.

Foto bersama dengan panitia dan peserta workshop

Susunan acara selama dua hari pertama workshop adalah presentasi 3 makalah overview, 8 makalah country report mengenai status terkini kejadian penyakit pada buah naga oleh setiap negara perwakilan (8 negara), 3 makalah technical report, 3 makalah mengenai penyakit pascapanen dan 1 makalah mengenai Integrated Plant Management (IPM). Balitbu Tropika menyampaikan 3 buah makalah yaitu satu makalah overview oleh Dr. Ir. Mizu Istianto, MP. yang berjudul “Research program of fruit in Indonesia”, kemudian makalah country report yang berjudul “Pitaya diseases in Indonesia” dan technical report yang berjudul “Research management on dragon fruit diseases”, disampaikan oleh Riska, S.Si. M.Sc. Topik presentasi yang paling menarik di wokshop ini berjudul “life cycle of canker (Neocytalidum diminiatum) and implication of control” yang disampaikan oleh Dr. Bob Fullerton dari Plant and Food Research New Zealand. Makalah yang disampaikan sangat komprehensif dan berisi informasi terbaru mengenai siklus hidup patogen penyebab penyakit canker sebagai patogen utama pada buah naga. Pada sesi akhir hari kedua dilaksanakan roundtable discussion membahas tentang penyakit utama yang menyerang tanaman buah naga (di lapang dan pascapanen), teknik evaluasi fungisida serta standarisasi penilaian keparahan penyakit pada tanaman. Pada hari ketiga workshop adalah roundtable discussion membahas hasil resume workshop hari pertama dan kedua (oleh Dr. Bob Fullerton), membuat networking informal dan menjajaki peluang joint kerjasama penelitian dengan semua negara yang hadir.

(Kiri) presentasi makalah “Research Program of Fruit in Indonesia” oleh Dr. Ir. Mizu Istianto (kanan) presentasi makalah “Pitaya diseases in Indonesia” oleh Riska, S.Si, M.Sc.

Sesi Roundtable discussion

Naskah dan Foto: Riska
27 September 2016


 


 

 

Pin It