JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Balitbu Tropika Tuan Rumah Acara ‘Coffee Morning’ Kabupaten Solok

Acara Coffee Morning merupakan acara rutin bulanan  yang dihadiri oleh jajaran pemerintah daerah, SKPD dan BUMN di Kabupaten Solok. Forum ini diselenggarakan sebagai media koordinasi, tukar informasi dan jalinan kerjasama mendukung pembangunan Kabupaten Solok. Acara rutin tersebut, pada bulan ini  diselenggarakan di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika di Aripan pada tanggal 12 Agustus 2016.

Pembangunan dan pengembangan kawasan buah-buahan dan  wisata di Kabupaten Solok menjadi topik utama pada diskusi tersebut. Acara diawali dengan pemaparan  Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto tentang potensi pengembangan kawasan buah berbasis wisata di Kecamatan X Koto Singkarak dan Selayo. Kawasan wisata Danau Singkarak merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat. Kawasan ini mempunyai potensi untuk  pengembangan tanaman buah yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan. Saat ini telah berkembang tanaman buah naga, durian unggul lokal, pepaya dan jeruk, yang memerlukan dukungan teknologi dan sarana lainnya. Desa Padang Belimbing, Nagari Koto Sani berpotensi untuk wisata pemandian Air Angek yang didukung dengan pengembangan pepaya dan buah naga. Saat ini telah berkembang pepaya Merah Delima, kebun buah naga dan durian di Kecamatan X Koto Singkarak dan Nagari Selayo. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah tersebut sudah terinisiasi menjadi  kawasan pengembangan buah tropika.

Bupati Kab. Solok, H. Gusmal didampingan ka. Balitbu Tropika, Dr. Mizu Istianto saat tiba di Balitbu Tro (kiri) dan bapak bupati sedang menyampaikan arahan

Suasana ramah tamah

Pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Solok H. Gusmal menyampaikan apresiasinya terhadap Balitbu Tropika yang telah mendukung pengembangan buah dan agrowisata di Kabupaten Solok. Diharapkan kawasan wisata Air Angek Padang Belimbing Koto Sani dapat berkembang dimasa yang akan datang, didukung dengan pengembangan kawasan buah di sekitarnya, meskipun bukan menjadi destinasi wisata yang utama. Saat ini pengembangan wisata Kabupaten Solok diutamakan pada tiga kawasan yaitu Danau Singkarak,  Bukit Gagawan Paninggahan dan pembangunan Taman Hutan Kota. Bupati H. Gusmal mengharapkan dukungan dari BPTP, Balitbu Tropika dan Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Barat dalam pembangunan kawasan wisata berbasis tanaman buah. Acara Coffee Morning ini ditutup dengan ramah tamah dan panen buah naga di KP. Aripan.

Kunjungan dan panen buah naga di KP. Aripan

Naskah dan Foto: Tim Web
12 Agustus 2016


Pin It