JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

DUKUNGAN BALITBU TROPIKA PADA TTP BOMBANA, SULAWESI TENGGARA

Balitbu Tropika, 2016. Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Sulawesi Tenggara akan dipusatkan di Kabupaten Bombana terutama di desa Rano Komea Kecamatan Poleang Barat. Pusat Penelitian Tanaman Perkebunan sebagai penanggungjawab TTP Bombana mengundang beberapa peneliti dari beberapa instansi yaitu BPTP Sulawesi Tenggara sebagai penanggungjawab lapang, Puslitbun, BB Pasca Panen, Balit Palma, Puslitbang Hortikultura (Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika) untuk melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Taman Teknologi Pertanian (TTP) di aula BPTP Sulawesi Tenggara. Dalam FGD tersebut dipaparkan program-program yang akan dilaksanakan dalam TTP Bombana. Komoditas yang akan ditangani dalam TTP Bombana ada dua macam, yaitu:

  • Komoditas utama: kelapa, kakao, ternak sapi dan kambing
  • Komoditas pendukung: pisang dan nilam

Di dalam diskusi tersebut terdapat beberapa masukan untuk menyempurnakan program agar lebih terintegrasi antara komoditas yang satu dengan yang lain.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi TTP di desa Rano Komea kecamatan Poleang Barat kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara, untuk mempersiapan peletakan batu perdana pembangunan TTP Bombana yang akan dilakukan oleh Kepala Balitbangtan dan Bupati Bombana serta secara simbolis penanaman perdana benih kelapa kopyor.

Beberapa sambutan mengawali acara tersebut, yaitu sambutan dari Kepala BPTP Sultra Ir. M Asaad, MSc. sebagai penanggungjawab TTP Sultra, dan penjelasan program TTP Bombana oleh penanggungjawab kegiatan Didik Raharjo, SP.

Selanjutnya sambutan dari Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir. Arahan Kepala Balitbangtan setelah melihat situasi dan kondisi pertanian di Kabupaten Bombana merekomendasikan 3 komoditas unggulan menurut penanggungjawab kegiatan untuk dirubah sedikit, menjadi kelapa, kakao dan pisang. Sehingga pisang yang tadinya sebagai komoditas pendukung menjadi salah satu komoditas utama karena industri pisang sale telah berkembang di Kabupaten Bombana dan perlu pengembangan lagi yaitu produk lain seperti keripik pisang. Sedangkan komoditas ternak yang tadinya komoditas utama menjadi komoditas pendukung, karena produk sampingan dari ternak seperti susu, pupuk kandang dan biogas, bisa menjadi pendukung industri komoditas utama.

Berdasarkan arahan Kepala Balitbangtan tersebut, Balitbu akan melakukan peranan utama pendampingan teknologi pegelolaan tanaman pisang mulai dari pemilihan kultivar dan persiapan benih, pengendalian penyakit layu bakteri pada pisang sampai pengelolaan pasca panen.

Group Discussion TTP Bombana di kantor BPTP Sultra

 

Sambutan dari Ka BPTP Sultra, Ka Balitbangtan dan Bupati Bombana

 

Peletakan batu pertama pembangunan TTP Bombana dan penanaman perdana
benih kelapa kopyor oleh Kepala Balitbangtan dan Bupati Bombana

 

Peresmian pembangunan TTP Bombana

 

Plan TTP Bombana

Naskah dan Foto : Agus Sutanto
Juni 2016

Pin It