JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

PERAN SERTA BALITBU TROPIKA DALAM UPAYA PENYELAMATAN TANAMAN BUAH TROPIKA DI SEKITAR BENDUNGAN BILI-BILI KABUPATEN GOA, SULAWESI SELATAN

Balitbu Tropika, 2016. Bendungan Bilibili adalah bendungan terbesar di Sulawesi Selatan, yang terletak di Kabupaten Gowa, sekitar 30 kilometer ke arah timur Kota Makassar. Bendungan ini akan diperluas pada tahun 2016. Rencana perluasan bendungan ini dikhawatirkan akan merusak pengembangan tanaman buah disekitar bendungan. Hal ini mendorong Balai Penelitian Tanaman Sereal (Balitserial ) membentuk tim penyelamatan tanaman buah. Tim ini terdiri dari perwakilan BPTP Sulawesi Selatan, Balitserial, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dan Kebun Percobaan Bonto. Peneliti Balitbu Tropika yang ditugaskan untuk berpartisipasi dalam tim tersebut yaitu Drs. Edison HS.

Kebun buah-buahan yang terancam dimusnahkan terletak di samping bendungan Bili-bili, Desa Moncongloe, Kabupaten Goa Sulawesi Selatan. Kondisi umum kebun buah terletak pada ketinggian 150 – 175 mdpl, dengan luasan 52 Ha, yang berisi 12 komoditas yang sudah berumur 12 tahun. Komoditas yang masih paling dominan antara lain durian introduksi, dan lokal (Var.Otong, Kani, Sitokong, Lae, unggul lokal ). Kondisi tanaman durian banyak merangas dan mati tetapi sebagian yang lain masih tumbuh dengan baik. Selain itu ada juga mangga (Arumanis, Golek dan Madu), rambutan (kalengkeng Makasar Var.Bijai, varietas Rapiah), matoa, jambu bol, duku, sawo, sukun, lengkeng, nangka, kedondong dan jeruk pamelo. Beberapa varietas tanaman buah tersebut sudah dapat beradaptasi baik di wilayah Bili Bili. Oleh karena itu agar tidak musnah perlu dilakukan kegiatan konservasi.

Kondisi tanaman durian beberapa kultivar yang merangas, dan meranting pada  lahan tanam dengan rumput yang kering dan mati (kiri), Durian Varietas Lai  sebagai sumber entres  untuk disambung pucuk

Kegiatan konservasi meliputi identifikasi tanaman yang potensial untuk dikembangkan, peremajaan melalui produksi benih dan penanaman pada lokasi baru. Kegiatan identifikasi tanaman buah sudah dimulai bulan September 2015, sedangkan peremajaan dan penanaman baru dikerjakan mulai April 2016 sampai saat ini. Beberapa tanaman di bongkar dan dipindah tanam yaitu seedling Matoa (system putar), seedling jambu Jamaika ke KP.Bonto Bili). Peremajaan tanaman dilakukan melalui perbanyakan benih secara vegetatif menggunakan entres dari kebun buah yang akan dimusnahkan. Pada kegiatan ini peneliti Balitbu TropikaDrs. Edison HS berkesempatan memberikan pelatihan perbanyakan tanaman buah dengan sistem grafting, cangkok dan stek. Pembibitan tanaman buah ini berlokasi di KP  Bonto Bili Makasar.

Oleh: Drs. Edison HS
27 Mei 2016


Pin It