JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

STUDY BANDING  TIM PTPN IX   KE BALITBU TROPIKA :

MENGGALI INFORMASI  TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI  BUAH TROPIKA  DI WILAYAH PENGEMBANGAN   PTPN IX

Balitbu Tropika 2016.  Salah satu tindak lanjut dari hasil Rapat Kerja Puslitbang Hortikultura di Bogor Jawa Barat  tanggal  14-16 April 2016, tentang rencana pengembangan pisang Kepok Tanjung dan buah lainnya oleh PTPN IX (Berita terkait). Sehubungan dengan hal tersebut Tim  PTPN IX  melakukan kunjungan kerja ke Balitbu Tropika untuk membahas rencana pengembangan pisang Kepok Tanjung, buah naga dan studi banding komoditas buah tropika lainnya. Tim PTPN IX yang berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dipimpin oleh Kepala Bagian Rencana Pengembangan Dodik Ristiawan didampingi Administratur Kebun Jolang dan Kebun Kawung.

Kedatangan TIM PTPN IX disambut oleh tim peneliti Balitbu Tropika dan Kasi Jasa Penelitian. Pada kesempatan tersebut Balitbu Tropika diwakili oleh Dr. A. Soemargono menyampaikan presentasi tentang profil Balitbu Tropika dan mengenalkan beberapa teknologi unggulan. Kepala Bagian Rencana Pengembangan Dodik Ristiawan menginformasikan pengembangan buah tropika di PTPN IX sudah dimulai tahun 2010 yaitu pengembangan beberapa varietas jeruk yang bekerjasama dengan Balitjestro. Komoditas buah lain yang telah dikembangkan yaitu pisang dan buah naga. Beberapa varietas pisang yang telah dikembangkan oleh PTPN IX yaitu pisang Cavendish, kepok kuning, mas krana, dan pisang raja bulu. Pengembangan buah naga di Kebun Jolang seluas 16 Ha, sudah mulai berproduksi.

Peneliti buah naga Dra. Jumjunidang, MSi (kiri) dan Kepala KP. Aripan Arma, Amd (kanan)
berdiskusi dengan Tim PTPN IX tentang teknologi budidaya buah naga.

Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, Tim PTPN IX menyampaikan bahwa produksi pisang dan buah naga yang telah dikembangkan belum optimal. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh pengelolaan budidaya yang dilakukan belum optimal  karena keterbatasan informasi teknologi.  Oleh karena itu Tim PTPN IX berharap tindak lanjut berupa pendampingan teknologi budidaya dan penyediaan benih bermutu dari Balitbu Tropika. Untuk mendukung pengembangan Kepok Tanjung pihak PTPN IX telah memesan benih sebanyak 500 benih untuk ditanam di Kebun Kawung, benih lain yang dipesan yaitu durian Matahari dan alpokad Mega Gagauan.

Peneliti pisang Dr. Agus Sutanto sedang berdiskusi tentang varietas Kepok Tanjung (kiri)
dan demo teknologi perbanyakan pisang (kanan)

Untuk menambah informasi tentang penerapan teknologi budidaya tanaman buah, Tim PTPN IX diajak berkeliling di KP. Aripan dan KP. Sumani didampingi oleh tim peneliti. Pada kesempatan tersebut dilakukan sosialisasi teknologi budidaya dan teknik penyambungan buah naga yang dipandu oleh Dra. Jumjunidang, Msi. Sosialisasi teknologi budidaya dan perbanyakan benih pisang dipandu oleh Dr. Agus Sutanto. Di KP. Sumani Tim PTPN IX berkesempatan mengunjungi Unit Produksi Benih Sumber Buah Tropika.

Tim PTPN IX bersama Penanggung jawab UPBS Dr. Panca Jarot S di kebun alpokad (kiri)
Tim PTPN IX bersama Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto (kanan) di kebun tumpang sari manggis dan pisang
.
Foto dan naskah : Tim Web
Mei 2016

Pin It