JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

PARTISIPASI BALAI PENELITIAN TANAMAN BUAH TROPIKA PADA SEMINAR NASIONAL MASYARAKAT BIODIVERSITAS INDONESIA (PSNMBI) DI PADANG
Masyarakat Biodiversitas Indonesia (MBI) atau Society for Indonesian Biodiversity (SIB) adalah organisasi yang bergerak dalam lingkup penelitian, perlindungan, dan pemanfaatan biodiversitas secara berkelanjutan pada tingkat gen, spesies, ekosistem, dan budaya pemanfaatannya (etnobiologi).  MBI bekerjasama dengan Universitas Andalas Padang menyelenggarakan Seminar Nasional  dengan tema “Revitalisasi Produksi Komoditas Pertanian: Upaya Menjamin Kedaulatan Pangan dan Menjaga Ketersediaan Bahan Baku Industri”.

Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto sebagai salah satu keynote speaker

Seminar nasional tersebut diselenggarakan pada tanggal 23 April 2016 di Grand Inna Muara Hotel Padang. Keynote Speakers yaitu Prof. Dr. Novri Nelly (Universitas Andalas Padang), Prof. Dr. Samanhudi (Universitas Sebelas Maret Surakarta), Dr. Hapry Fred Nico Lapian (Universitas Samratulangi Manado) dan Dr. Mizu Istianto (Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok). Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto menyampaikan makalahnya yang berjudul “ Upaya menjamin kedaulatan pangan dan ketersediaan  bahan baku industri dengan memanfaatkan potensi sumber daya genetik buah tropika”. Balitbu Tropika sebagai institusi penelitian tanaman buah tropika telah melakukan kegiatan penelitian yang sebagian besar sudah dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendukung pengembangan nasional. Selain itu salah satu peneliti Balitbu Tropika  yaitu Tri Budiyanti  menyampaikan makalah yang berjudul “Keragaman Genetik 70 hibrida pepaya”.

Calon VUB pepaya  hibrida 2x1 dan 1xD beserta Garci Tea diperkenalkan pada Seminar Nasional Biodiversitas

Uji preferensi calon VUB pepaya diikuti oleh peserta seminar

Pada event tersebut dilakukan uji preferensi  terhadap dua calon varietas unggul baru (VUB) pepaya hasil pemuliaan Balitbu Tropika dan pengenalan produk teh dari daun asam gelugur yaitu Garci tea. Peserta seminar sangat tertarik dengan calon VUB Dapina (1xD) dan Carmelita (2x1) karena mempunyai rasa manis, warna daging merah dan ukuran buah yang menarik. Beberapa pengunjung juga mencicipi Garci tea dan sangat berminat untuk mengkonsumsinya.

Foto dan Naskah: Tri Budiyanti
20 April 2016


Pin It