JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

TINDAK LANJUT KUNJUNGAN PENGUSAHA AGRIBISNIS TANAMAN BUAH DARI SUKABUMI KE BALITBU TROPIKA

Pada tanggal 21 Januari 2016 Balitbu Tropika kedatangan 4 orang tamu yang berkeinginan untuk membuka perkebunan (agroestate) yang luas untuk tanaman buah tropika di daerah Lido, Sukabumi. Lahan seluas 60 ha telah siap untuk ditanam dengan tanaman buah-buahan beserta industrinya. Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya dengan anggota rombongan  terdiri dari Bapak Andy, Agus M. Fajri, Felix, dan satu orang dari Taiwan yaitu Mr Pang. Kedatangan pertama pada tanggal 7 September 2015 bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang  bagaimana mewujudkan agroestate tanaman buah tropika masa depan termasuk produk olahannya. Saat ini ketersediaan buah-buahan yang berkualitas di pasar sangat sedikit, sedangkan permintaannya sangat besar. Oleh sebab itu buah-buahan yang akan dihasilkan harus berkualitas premium, tersedia dalam jumlah yang cukup, mempunyai kemasan yang menarik serta disukai oleh konsumen. Pada kunjungan pertama ketua rombongan bapak Agus M. Fajri menyampaikan harapan untuk dapat bekerjasama dengan Balitbu Tropika dalam hal pendampingan mulai dari perbenihan sampai panen.

Suasana penyambutan rombongan pengusaha Agribisnis

Pada kunjungan kedua ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti rencana kerjasama dalam mewujudkan kebun tanaman buah yang terdiri dari manggis, mangga, alpukat, pisang, pepaya, dan durian. Kontribusi Balitbu Tropika yang diharapkan adalah pendampingan secara teknik, membantu rekruitment tenaga, dan penyediaan benih bermutu sebanyak 1000 sampai 2000 benih untuk setiap jenis tanaman buah yang akan ditanam dan diusahakan.

Rombongan selama 1 hari itu diterima Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto, bersama staf peneliti dan Kepala kebun Sumani dan Aripan. Pertemuan diawali dengan penayangan profil Balitbu Tropika dan diskusi.  Selanjutnya diteruskan dengan kunjungan lapang ke Kp. Aripan, KP. Sumani dan UPBS. Dr Mizu Istianto menyatakan bahwa kunjungan ini akan di tindak lanjuti dengan kesepakatan kerjasama.

Kunjungan lapang ke KP. Aripan dan KP. Sumani

Foto bersama di Gazebo KP. Sumani

Naskah dan Foto: Ellina Mansyah dan Ivan
22 Januari 2016


Pin It