JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KUNJUNGAN TIM PEMDA  KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU KE BALITBU  TROPIKA DALAM RANGKA PENYELAMATAN TANAMAN DUKU YANG MENGALAMI KERUSAKAN

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika ( Balitbu Tropika) dikunjungi oleh tim  pemda kabupaten Indragiri Hilir  pada tanggal 20 Januari 2016.  Tim  ini terdiri dari Bapak Said Ali, SP, Masykur, SPi, MSi, Andri Gunawan, Endang H dan Mul Heriyono. Tim  ini diterima oleh Kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto yang didampingi oleh Peneliti Hama dan Penyakit, Ekofisiologi dan Pemuliaan, serta staf Pelayanan Jasa Penelitian. Maksud dari kunjungan tim ini adalah ingin menyelamatkan duku di daerah kecamatan Keritang dan Kemuning kabupaten Indragiri Hilir yang saat ini rusak / mati dan sampai saat belum diketahui penyebabnya.

Suasana pertemuan antara Kepala Balitbu Tropika, staf peneliti, dan tim pemda Kabupaten Indragiri Hilir

Menurut informasi yang disampaikan oleh Bapak Said Ali, bahwa  tanaman duku di daerah Indragiri Hilir  saat ini berjumlah sebanyak 55.905 pohon dan  sudah rusak/mati sebanyak 40 %.  Berdasarkan gambar yang diperlihatkan,  Dr. Mizu Istianto  menyampaikan bahwa kerusakan/matinya tanaman duku  tersebut dapat disebabkan oleh hama atau penyakit atau keduanya. Untuk langkah awal  menurut beliau dapat dilakukan pengendalian dengan mengoleskan batang tanaman duku dengan bubur bordo (campuran kapur dengan belerang) atau dengan fungisida.  Dari hasil diskusi,  mereka sangat tertarik dengan solusi yang disampaikan oleh Kepala Balitbu Tropika tersebut sehingga tim ini akan merencanakan kerjasama dalam menyelesaikan masalah ini. Selanjutnya Dr. Mizu Istianto juga  menyampaikan bahwa sebelum dilakukan pengendalian hama atau penyakit tersebut penting juga dilakukan pemetaan daerah yang mengalami gangguan tersebut dengan menggunakan alat Drone cam. Kemudian mereka merencanakan  untuk bekerjasama dengan Balitbu Tropika dalam menyelamatkan tanaman duku yang ada dan mengembangkan tanaman duku mulai dari perbenihan sampai dengan budidayanya.

Naskah dan Foto: Yeni Meldia dan Ivan
20 Januari 2016


Pin It