JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

GARIFTA MERAH : PRESTASI, TANTANGAN DAN HARAPAN

Balitbu Tropika, 2015. Mangga Garifta Merah setelah dilepas tahun 2009, memperoleh respon yang cukup bagus dari Direktur Jendral Hortikultura - Kementerian Pertanian untuk dikembangkan oleh petani dengan target luasan 10.000 Ha (termasuk Garifta Kuning, Gading dan Orange) dengan tujuan pasar eksport. Di awali di Kab. Pasuruan kemudian disusul oleh beberapa daerah di Jawa maupun di luar Jawa terutama Indonesia Timur (Sulawesi, NTB, NTT). Dari beberapa daerah sudah ada yang panen dan dipasarkan ke kota-kota besar dan juga sudah ada yang mulai berbuah. Dan salah satu petani mangga Abdul Gani - Desa Sopet - Kec. Jangkar, Kab. Situbondo, Jawa Timur berhasil memperoleh Juara I sebagai mangga unggulan yang dselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor melaui Festival Buah dan Bunga Nusantara pada Bulan Nopember  2015 di Bogor.

Buah mangga Garifta Merah yang masih muda (kiri) siap di label dan packing (kanan)

Mangga Garifta Merah merupakan varietas unggul baru yang memilki karakter  rasa manis segar, kulit merah, serta ukuran medium. Garifta Merah sebagai salah satu mangga yang diarahkan untuk eksport tentunya akan dituntut kondisi dan standart mutu baku agar bisa diterima oleh negara-negara pengimport, dengan prestasi yang telah dicapai tersebut diharapakan juga menjadi pemacu semangat bagi petani untuk menigkatkan kualitas buah mangga tersebut.

Buah mangga Garifta Merah berlabel siap dipasarkan

Dengan jumlah besaran dan luasan yang telah ditanam oleh petani, merupakan tantangan untuk memperoleh pasar yang pasti dan luas dengan harga yang pantas, untuk itu sebelum tanaman mangga tersebut mulai berproduksi, maka perlu dilakukan pengenalan dan promosi untuk mengetahui respon konsumen. Salah satu cara promosi adalah menyajikan buah mangga garifta sebagai bagian menu makanan di hotel. Inisiasi awal telah dilakukan di hotel   Amaris Pakuan Bogor. Ternyata para tamu hotel banyak yg menyukai karena rasa manis segar dan merupakan sajian baru di hotel yg biasanya hanya disajikan buah pepaya, semangka, dan pepaya. Upaya ini perlu dilakukan lebih intensif untuk mengenalkan VUB buah tropika karena merupakan metode yg efektif untuk menangkap respon konsumen. Dengan adanya respon positif tersebut merupakan awal dari sebuah harapan yang cukup menjanjikan kedepannya..InsyaAlloh..aamiin

Mangga Garifta Merah Juara I di FBBN IPB 2015

Buah mangga Garifta Merah disajikan di salah satu hotel besar di Bogor
Naskah : Mizu I dan Khoirul M
Foto : Mizu I dan Khoirul M


Pin It