JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENGEMBANGAN PENELITIAN TANAMAN BUAH DI FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS GAJAH MADA DALAM MENDUKUNG RENCANA INDUK KAMPUS.

Balitbu Tropika, 2015. Dalam rangka pengembangan bidang ilmu pertanian dan Penyusunan Rencana Induk (RIK) Kampus Universitas Gajah Mada terutama dalam bidang Penelitian, Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada melaksanakan Focus Group Discussion FGD. Acara dihadiri oleh Dekan, wakil Dekan Bidang Keuangan dan SDM, serta staf pengajar lingkup Fakultas Pertanian UGM. Bertindak sebagai nara sumber adalah Dr. Ellina Mansyah dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dengan materi Status terkini dan Kebijakan Penelitian Buah Indonesia di Masa datang. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis tanggal 12 November 2015 bertempat di ruang sidang fakultas Perikanan UGM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk: 1). Menggali perkembangan ilmu di Indonesua menyangkut komoditas strategis bidang pertanian. 2). Memberikan kesadaran pentingnya komoditas pertanian dan memberi motivasi kepada para dosen sebagai peneliti untuk melakukan penelitian yang sistematids dan visioner dalam pengembangan komoditas tersbut. 3). Sebagai salah satu sumber informasi dalam menyusun RIK fakultas Pertanian UGM dan 4). Membangun sinergi dengan peneliti lain di luar UGM.

Pada kesempatan ini Balitbu Tropika menyampaikan Status terkini penelitian tanaman buah berupa SWOT analysis,dampak pasar bebas pada pasar buah tropika nusantara, isu permasalahan yang harus diatasi (kebutuhan teknologi), ruang lingkup penelitian, strategi penelitian, hasil-hasil peneliian utama 2010-2015, dan rencana penelitian 2015-2019. Utuk kebijakan penelitian disampaikan fokus kegiatan Balitbangtan, dan reeorientasi penelitian dan pengembangan mendukung pertanian modern, model pengembangan bioindustri tanaman buah dan dan gelar teknologi tanaman buah. Fakultas Disampaikan juga bahwa staf peneliti dari perguruan tinggi dapat berkontribusi dalam berbagai aspek penelitian yang sedang ditangani. Dekan Faperta UGM menyampaikan keinginan untuk dapat bekerjasama dalam penanganan plasma nutfah tanaman buah karena perguruan tinggi tidak mempunyai dana untuk pengelolaan tanaman buah. Selain itu UGM juga ingin mengembangkan kebun tanaman buah dan menyampaikan agar Balitbu Tropika dapat berkontribusi menyediakan benih untuk keperluan tersebut.


Sebagian dari staf pengejar Fakultas Pertanian UGM yang hadir

Dr. Ellina mansyah menerima cenderamata dari wakil dekan Fakultas Pertanian UGM dan foto bersama dengan staf pengajar Faperta UGM

Foto dan naskah : Ellina Mansyah
16 Nopember 2015

Pin It