JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KUNJUNGAN TIM BADAN LITBANG PERTANIAN KE PULAU BINTAN UNTUK PERSIAPAN KUNJUNGAN KERJA KOMISI IV DPR RI

Survey lokasi dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2015 oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian beserta 3 staf didampingi oleh Kapuslitbanghorti, Kepala Balitbu Tropika, Kepala LPTP Kepri. Lokasi survey adalah reklamasi lahan bekas tambang, Balai Benih Kabupaten Bintan, Pertanaman cabe, dan kebun koleksi tanaman buah tropika. Untuk lokasi reklamasi lahan bekas tambang yang akan ditunjukkan kepada komisi IV DPR RI adalah telah dilakukan penanaman pohon akasia dan cemara yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan. Selain itu juga ditunjukkan adanya usahatani tanaman kangkung yang cukup luas untuk mensuplai kebutuhan Bintan dan Batam.


Di lokasi Balai Benih Kabupaten Bintan akan ditunjukkan kebun blok fondasi salak Sari Intan yang akan menjadi produksen benih salak untuk dikembangkan di Kabupaten Bintan sebagai ikon buah kabupaten ini. Selain itu juga ditunjukkan inisiasi kebun contoh buah naga yang menerapkan teknologi inovasi Badan Litbang pertanian untuk membantu pengembangan tanaman buah naga di Kabupaten Bintan.

Sekretaris Badan Litbang Pertanian didampingi ka Balitbu Tropika saat dilokasi blok fondasi salak Sari Intan

Untuk lokasi cabe, akan ditunjukkan usahatani cabe varietas lokal di lahan marginal dalam hamparan luas sekaligus manajemen produksi dan pemasaran. Usahatani ini dilakukan oleh seorang petani dengan omzet penjualan cukup besar dan manajemen produksi yang tertata rapi.

Lahan cabe yang tumbuh subur (kiri) hasil panen cabe hijau dan Ka Puslitbanghorti (kanan)

Naskah dan Foto : Mizu Istianto
Nopember 2015

Pin It