JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KONTRIBUSI PENELITI BALITBU TROPIKA DALAM KEGIATAN PELATIHAN TEKNIK BUDIDAYA
TANAMAN BUAH NAGA BAGI PENYULUH PERTANIAN KOTA SUNGAI PENUH

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan para penyuluh pertanian kota Sie Penuh Propinsi Jambi, dalam hal pendampingan terhadap petani yang membudidayakan tanaman buah naga.

Kegiatan ini diikuti oleh para petugas penyuluh lapang yang berjumlah 86 orang dan dan 5 orang utusan dari SKPD terkait, dilaksakan tanggal 8 Oktober 2015. Pelaksanaan kegiatan diawali sambutan dan sekaligus pembukaan oleh Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Kota Sei Penuh.

Dari Balitbu Tropika menugaskan salah seorang peneliti yaitu Ir. Irwan Muas, MP  untuk menjadi nara sumber pada teknik budidaya tanaman buah naga. Materi yang disampaikan berupa bagaimana prospek pengembangan buah naga ke depan, dibandingkan dengan jenis buah yang lain. Kemudian dilanjutkan bagaimana cara penyediaan benih tanaman buah naga yang baik, bagaimana cara bercocok tanam yang diawali dengan penyediaan tonggak sebagai tiang panjat, bagaimana cara bertanam, peeliharaanya termasuk penanggulangan hama penyakitnya. Perlu ditekankan bahwa tanaman buah naga dapat gagal sebagai akibat serangan penyakit. Jenis penyakit yang perlu diwaspadai adalah busuk batang dan bintik kuning.

Tidak kalah pentingnya bagaimana teknik pembuahan, hal ini penting karena ada jenis tanaman buah naga yang tidak perlu dibantu penyerbukan, namun ada juga yang memerlukan bantuan penyerbukan agar terjadi pembuahan secara maksimal.

Mengikuti acara pembukaan

Penyampaian materi di depan peserta

12 Oktober 2015


Pin It