JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

PISANG BILE, PISANG KHAS ASAL NUSA TENGGARA BARAT

Sebagai pusat asal (centre of origin) dan pusat keragaman (centre of diversity) dari tanaman pisang, beragam spesies liar dan kultivar pisang dapat ditemukan di Indonesia. Mulai dari yang masih tumbuh liar di hutan, ditanam dan dikelola seadanya, sampai yang sudah dikebunkan secara komersial.

Saat ini kultivar yang beredar di pasar tidak banyak karena seperti Barangan, Ambon Hijau, Ambon Kuning, Raja Sere, Raja Bulu, Kepok Kuning dan Tanduk. Hal ini disebabkan nilai ekonomis kultivar-kultivar tersebut lebih tinggi dari kultivar lainnya, atau kultivar lain yang sebetulnya mempunyai keunggulan tetapi belum banyak yang tahu, karena hanya ada di daerah tertentu. Pisang Bile adalah salah satunya. Pisang ini mempunyai keunggulan daya simpannya yang panjang meskipun belum ada kegiatan penelitian yang mengkaji berapa hari pisang tersebut dapat bertahan pada kondisi penyimpanan. Pisang Bile juga disebut pisang Haji, karena daya simpannya yang tinggi sehingga pisang ini menjadi bekal calon jamaah haji pada jaman dulu pada saat orang menggunakan kapal laut sebagai alat transportasi menuju Mekkah, yang menempuh perjalanan sampai lebih kurang 2 bulan.

Keragaan tandan pisang Bile di pohon dan yang baru dipanen (10 sisir)

Selain keunggulan daya simpan, cita rasa buah pisang Bile manis kering dan daging buah berwarna kuning oranye, yang menunjukkan kandungan beta karotin cukup tinggi. Keragaan buahnya cukup unik, tangkai buah panjang dan ujung buah membulat. Selain di NTB, tim eksplorasi Balitbu Tropika juga menemukan keberadaan pisang Bile di Flores (NTT) yang juga tidak banyak populasinya.

Pada saat ini keberadaan pisang Bile sudah mulai menurun seperti dikutip dari http://tanya.bebeja.com/tanyabebeja/pisang-bile-tahan-simpan/, bahwa sentra penanaman pisang Bile adalah di kabupaten Lombok Timur seperti di kecamatan Pringgabaya, Swela dan Sambelia. Namun penanaman pisang Bile terus menurun seiring dengan masyarakat lebih tertarik menanam pisang Ketip Gunugsari.

Sisir pisang Bile yang telah masak

Berdasarkan keunggulan yang dimiliki, pisang Bile patut dikembangkan untuk mendampingi pisang Kepok sebagai pisang oleh. Pada saat ini Balitbu sedang mengevaluasi pertumbuhan dan produksinya serta daya terima masyarakat di kecamatan Situjuh, Payakumbuh.

Mizu Istianto

 


 

Pin It