JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

PERTEMUAN KOORDINASI PENELITIAN GENOMIC ANTARA PENELITI DARI BB BIOGEN
DAN BALITBU TROPIKA

Pertemuan di lakukan di ruang program tanggan 18 September 2015 dan diikuti oleh peneliti di bawah Kelti Pemuliaan dan Plasma Nutfah. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menginformasikan perkembangan penelitian konsorsium antara Balai Besar Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dengan Balai Penelitian Komoditas termasuk Balitbu Tropika. Judul dari penelitian konsorsium ini adalah “Pembentukan Peta Genetik Tanaman Pisang Dan Studi Molekuler Sifat Ketahanan Pisang Terhadap Penyakit Layu Fusarium (Fusarium oxysporum f. sp. cubense)”, yang dimulai pada tahun 2013. Kegiatan ini merupakan salah satu ROPP dari RPTP DIPA BB Biogen yang berjudul “Analisis Genom dan Pemetaan Genetik Komoditas Pertanian Strategis”.

Aktifitas yang ada dalam kegiatan adalah resequencing 20 aksesi pisang, identifikasi SNP/indel dan mengembangkan bioinformatika untuk genom pisang, serta pemilihan marka untuk seleksi ketahanan pisang terhadap layu FOC, yang dilakukan di BB Biogen. Sedangkan pembuatan populasi persilangan pisang dilakukan di Balitbu Tropika, yaitu persilangan antara Calcuta-4 dan M. acuminata ssp. microcarpa. Selain kegiatan persilangan, kegiatan molekuler berbasis PCR juga dilakukan di Balitbu, yaitu SSR, isolasi gen ketahanan dan pembuatan marka berbasis gen spesifik untuk ketahanan layu FOC.

Perkembangan hasil resequencing 12 genotip pisang (dari 20 genotip yang ditargetkan) disampaikan oleh Habib Rijzaani, MSi. Dari hasil resequencing telah dapat diidentifikasi SNP/indel dan SSR dari genom pisang, dan mengembangkan Genome Browser v1.1. untuk genom pisang (off-line). Sedangkan perkembangan kegiatan pembentukan populasi persilangan, dan analisis molekuler yang dilakukan di Balitbu Tropika disampaikan oleh Dr. Agus Sutanto. Kegiatan Genomic secara keseluruhan yang meliputi 10 komoditas (padi, jagung, kedelai, cabai, kentang, pisang, kakao, jarak pagar, sapi) disampaikan oleh Dr. Puji Lestari.

Dari kegiatan pertemuan ini diharapkan akan menambah peluang kerjasama antara Balitbu dan BB Biogen terutama untuk aspek biologi molekuler tanaman yang nantinya akan mendukung percepatan pemuliaan tanaman buah tropika (Agus Sutanto).

Gambar 1. Pertemuan antara peneliti BB Biogen dengan peneliti anggota kelti Pemuliaan dan Plasma Nutfa Balitbu Tropika

Gambar 2. Peneliti kelti Pemuliaan dan Plasma Nutfah sedang mengikuti pemaparan Habib Rijzaani, MSi. dari BB Biogen tentang hasil resequencing genom pisang

23 September 2015


Pin It