JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

 

BERKEBUN PEPAYA MERAH  DELIMA  DI PADANG PARIAMAN :
PRODUKSI BENIH UNTUK DITANAM DI KEBUN SENDIRI

Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu sentra produsen pepaya terbesar di Sumatera Barat. Pengembangan pepaya Merah Delima di Kabupaten Padang Pariaman sudah dimulai sejak tahun 2007. Berbagai macam pengalaman petani  mewarnai  penyebaran varietas unggul baru tersebut. Pada awal pengembangannya banyak kendala dalam pemasaran, tetapi selanjutnya keuntungan besar mulai diraih oleh petani yang menanam pepaya ukuran sedang dan manis ini. Kesuksesan beberapa petani menjadi pemacu semangat petani lainnya untuk menanam pepaya Merah Delima. Kurang lebih mulai tahun 2010 pepaya Penang dan pepaya California mulai berkembang di Pariaman. Ketiga jenis pepaya ukuran sedang ini mendominasi pasar di beberapa wilayah Sumatera Barat, Jambi dan Riau.

Pepaya Merah Delima hasil panen dari pertanaman petani

Benih pepaya Penang berasal dari Malaysia, sedangkan benih pepaya California berasal dari Jawa Barat. Harga benih yang mahal dan kesulitan mendapatkan benih berkualitas menyebabkan petani menanam benih  keturunan keduanya. Pengetahuan petani tentang cara produksi benih menyebabkan penampilan tanaman dan buah pepaya tidak seragam. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika telah memberikan pendampingan kepada petani di Padang Pariaman untuk memproduksi benih pepaya Merah Delima untuk ditanam dikebun sendiri.

Benih induk pepaya Merah Delima di kebun petani

Pepaya Merah Delima termasuk varietas bersari bebas sehingga produksi benih dapat dilakukan oleh petani. Benih dengan kemurnian dan bermutu tinggi dapat dihasilkan sendiri dengan cara mengontrol penyerbukan sendiri (selfing) maupun dengan penyerbukan silang antar tanaman itu sendiri. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mempertahankan sifat tertentu agar stabil tanpa ada kontaminasi sifat-sifat dari luar yang mungkin terbawa oleh serbuk sari tanaman lain yang dibawa oleh angin. Kemudahan produksi benih pepaya disebabkan oleh ukuran bunga pepaya yang relatif besar, dengan tipe bunga yang mudah dibedakan antara jantan, betina dan hermaprodit.

Kebun pepaya dari hasil benih produksi petani sendiri
menghasilkan pertanaman yang seragam

Beberapa petani di Padang Pariaman sudah memproduksi benih pepaya Merah Delima dan menggunakannya untuk ditanam dikebun sendiri atau anggota kelompok taninya. Kualitas benih yang dihasilkan cukup baik terlihat dari penampilan tanamannya seragam dan produksi sama dengan induknya. Keuntungan dari penyediaan benih pepaya oleh petani akan menghemat biaya produksi, mudah, murah dan mempunyai potensi untuk dikomersialkan.

Peneliti pepaya dan petani pepaya di lahan petani
Padang Pariaman - Sumatera Barat

Oleh : Tri Budiyanti, Noflindawati dan Dewi Fatria

 


Pin It