JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

KUNJUNGAN BALAI BENIH TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA
KABUPATEN BANJAR DAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN KE BALITBU TROPIKA

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) semakin hari semakin banyak dikunjungi tamu, pada tanggal 8 September 2015  Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura  (TPH) kabupaten  Banjar dan Propinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Balitbu Tropika. Tim ini terdiri dari Bapak Ir. Agus Syafrudi, Ir. Sumadi, Kasrivan, SP, Supriadi,  ibu  Nurul Chatimah, SP, MP dan Ramiatun. Rombongan diterima oleh Pjs. Kasie Jasa Penelitian Ir. Yeni Meldia  dan  Ir. Ucu Rusdianto  (Gambar 1 ).  Maksud dari kunjungan tim ini adalah ingin mengadopsi dan melihat langsung teknologi perbenihan tanaman buah tropika yang dihasilkan oleh Balitbu Tropika.

Pada pertemuan ini, tuan rumah menayangkan  video sekilas profil Balitbu Tropika dan dilanjutkan dengan acara diskusi. Dari hasil diskusi,  mereka sangat tertarik  dengan varietas unggul yang dihasilkan oleh Balitbu Tropika. Disamping itu  mereka juga menyampaikan bahwa di Balai benih TPH sudah ada  beberapa varietas unggul lokal buah tropika seperti  durian Si Japang, Si Hijau dan Si Dodol serta varietas unggul lokal rambutan Zainal Maham. Selanjutnya rombongan melakukan kunjungan ke Kebun Percobaan Aripan melihat visitor plot manggis yang ditumpangsarikan dengan pisang yang menggunakan sistem  irigasi tetes (drip irigation) ( Gambar 2 ). Mereka sangat tertarik dan ingin mengadopsi teknologi irigasi tersebut karena irigasi dinilai lebih efektif dan efisien  dilihat dari segi tenaga kerja, air dan dapat diatur sesuai kebutuhan tanaman.

Kemudian acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Unit Pengelola Benih Sumber ( UPBS ) di Kebun Percobaan Sumani. Rombongan ini didampingi oleh  Ir. Sunyoto kepala Kebun Percobaan Sumani. Disini diperbanyak benih- benih varietas unggul buah tropika seperti Manggis Ratu Tembilahan, Ratu Kamang, Alpukat Mega Murapi, Mega Gagauan, Mega Paninggahan dan varietas unggul buah tropika lainnya. Mereka tertarik dengan benih dasar manggis, alpukat dan durian  yang ada di UPBS. Menurut Ir. Sunyoto  tahun ini distribusi benih dasar untuk komoditi buah diantaranya durian, manggis, alpukat dan sirsak  diprioritaskan untuk wilayah Kalimantan.  Dengan ada informasi ini BBTPH Kalimantan Selatan sangat merespon dan akan  segera membuat surat permohonan permintaan benih dasar tersebut.

10 September 2015


Pin It